SOCIAL : Jurnal Inovasi Pendidikan IPS
Vol. 2 No. 3 (2022)

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF (COOPERATIVE LEARNING) DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X DAN XII IPS SMA NEGERI 9 BUNGO PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

APRIMAYULIS APRIMAYULIS (SMA Negeri 9 Bungo)



Article Info

Publish Date
08 Nov 2022

Abstract

Improving the quality of education can be seen from the final results of education, which can be seen from the output which includes learning achievement. Many things also affect student achievement, including student motivation and learning methods used. This study aims to test whether there is an effect of cooperative learning methods (cooperative learning) and learning motivation on high school students' learning achievement. The subjects in this study were students of class X and XII of Social Studies at SMA Negeri 9 Bungo. Class X Social Sciences was given Indonesian language learning using the Jigsaw technique cooperative learning method, and class XII Social Sciences was given Indonesian language learning using traditional learning methods. This study is a quasi-experimental study with a pre-test-post-test control group design. The measuring instrument used in this study is the modified Learning Motivation Scale made by Hasanah (2018), with a total of 60 items divided into three aspects, as well as a tool to measure Indonesian language learning outcomes in students, namely the Learning Outcomes Test. Indonesian language, where the learning outcomes test contains paragraph material with 36 questions. The learning outcomes test was prepared by the researcher himself with reference to the syllabus used by the teacher concerned. The results of the analysis showed that t was 0.257 with p=0.798, showing an insignificant result (p>0.05), which means that there is no difference between the two groups. In conclusion, there is no difference in Indonesian language learning achievement in students between groups of students who are given cooperative learning and groups of students who are given traditional learning. ABSTRAKPeningkatan mutu pendidikan dapat diketahui dari hasil akhir pendidikan, yang dapat dilihat dari output yang termasuk di dalamnya adalah prestasi belajar. Banyak hal yang turut berpengaruh pada prestasi belajar siswa, diantaranya adalah motivasi belajar siswa dan metode pembelajaran yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah ada pengaruh metode pembelajaran kooperatif (cooperative learning) dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa SMA. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan XII IPS SMA Negeri 9 Bungo. Kelas X IPS diberikan pembelajaran Bahasa Indonesia dengan metode pembelajaran kooperatif teknik Jigsaw, dan kelas XII IPS diberikan pembelajaran Bahasa Indonesia dengan metode pembelajaran tradisional. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi- eksperimen dengan desain control group pre-test-post-test. Adapun alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasil modifikasi Skala Motivasi Belajar yang dibuat oleh Hasanah (2018), dengan total aitem sebanyak 60 aitem yang terbagi dalam tiga aspek, serta alat untuk mengukur hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa, yakni dengan Tes Hasil Belajar Bahasa Indonesia, dimana pada tes hasil belajar ini berisikan materi paragraf dengan pertanyaan sebanyak 36 butir soal. Tes hasil belajar ini disusun sendiri oleh peneliti dengan mengacu pada silabus yang digunakan oleh guru yang bersangkutan. Hasil analisis menunjukkan t sebesar 0,257 dengan p=0,798, memperlihatkan hasil yang tidak signifikan (p>0,05), yang artinya bahwa tidak ada perbedaan antara kedua kelompok. Kesimpulan, tidak ada perbedaan prestasi belajar Bahasa Indonesia pada siswa antara kelompok siswa yang diberikan pembelajaran kooperatif dengan kelompok siswa yang diberikan pembelajaran tradisional.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

social

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini berisi artikel hasil pemikiran dan penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan pendidikan ...