Dari 64 juta UMKM yang ada di Tanah Air hampir semuanya mengalami penurunan omzet. Alasan utama dari terjadinya penurunan omzet tersebut dikarenakan turunnya daya beli masyarakat karena tidak adanya pelanggan. Belum lagi sejak adanya pembatasan mobilitas masyarakat akibat pandemi Covid-19 membuat semuanya menjadi terhambat, kegiatan jual beli dipaksa untuk bergeser di dunia maya. Kemajuan teknologi internet memfasilitasi terjadinya jual beli dan mengurangi biaya pemasaran, UMKM dapat terhubung dengan konsumennya melalui penggunaan storytelling. Studi tentang storytelling secara digital merupakan kebutuhan untuk memahami potensi storytelling sebagai alat komunikasi pemasaran yang secara positif mempengaruhi tingkat partisipasi yang dirasakan konsumen terhadap merek tertentu. Digital storytelling. Pengabdian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana UMKM memanfaatkan penggunaan teknik digital storytelling untuk terhubung secara aktif dengan pelanggan dan mendorong tercapainya pendapatan dan pengelolaan reputasi secara online. Oleh karena itu, untuk lebih mengoptimalkan pengelolaan konten Media Sosial para UMKM di Semarang secara online, telah dilakukan creative webinar pembuatan konten dengan teknik digital storytelling. Ketrampilan yang diajarkan adalah strategi pembuatan konten digital storytelling untuk meningkatkan partisipasi konsumen melalui pengelolaan konten dan pembuatan narasi storytelling. Hasil pengabdian telah menunjukkan secara positif bagaimana peserta sangat antusias dalam mempraktikkan teknik digital storytelling dan berupaya untuk segera menerapkannya.
Copyrights © 2022