Jurnal Ilmiah SOSIO AGRIBIS
Vol 18, No 1 (2018): Jurnal Ilmiah Sosio Agribis Vol 18 No 1

ANALISIS DAYA SAING USAHATANI TEMBAKAU KASTURI DI KABUPATEN JEMBER

Risqi Firdaus Setiawan (Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur Jalan Raya Rungkut Madya, Gunung Anyar, Rungkut, Surabaya)
Sri Widayanti (Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur Jalan Raya Rungkut Madya, Gunung Anyar, Rungkut, Surabaya)
Sudiyarto sudiyarto (Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur Jalan Raya Rungkut Madya, Gunung Anyar, Rungkut, Surabaya)



Article Info

Publish Date
14 Jun 2018

Abstract

ABSTRAKTembakau adalah salah satu komoditas andalan dari Kabupaten Jember dan memiliki prospek yang baik ditinjau dari pengusahaan dan industri berbahan baku tembakau. Penelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisis daya saing tembakau kasturi di Kabupaten Jember; 2) menganalisis dampak kebijakan pemerintah terhadap output dan input dalam daya saing usaha tani tembakau kasturi di Kabupaten Jember, dan 3) menganalisis sensitivitas terhadap daya saing tembakau kasturi di Kabupaten Jember.Penentuan daerah sebagai sampel dilakukan secara purposive yaitu Kecamatan Kalisat yang merupakan kecamatan dengan jumlah produksi tembakau kasturi tertinggi di Kabupaten Jember. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Analisis data mengunakan Model Policy Analysis Matrix (PAM) dan analisis sensitivitas.Hasil penelitian menunjukkan bahwa tembakau kasturi menguntungkan untuk diusahakan dan memiliki daya saing di pasar domestik maupun internasional. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata PCR dan DRCR yang bernilai kurang dari 1, yaitu masing-masing 0,34 dan 0,30. Kebijakan pada tradable inputs, yaitu subsidi pada pupuk, memberikan proteksi positif bagi petani, tetapi secara makro, dampak kebijakan bersifat disinsentif. Hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien EPC sebesar 0,90, NT sebesar – 8.406.980 ,PC sebesar 0,84, dan SRP sebesar - 0,104. Hasil simulasi penurunan harga output sebesar 50%, penurunan produktivitas sebesar 5%, dan kenaikan Upah Tenaga Kerja Jember sebesar 20% memperlihatkan perubahan yang nyata terhadap keunggulan kompetitif dan komparatif pada tembakau kasturi. Secara keseluruhan hasil simulasi perubahan tetap menyatakan bahwa tembakau kasturi tetap memiliki keunggulan kompetitif dan komparatif.Kata Kunci: Daya saing, Tembakau Kasturi, Kebijakan, PAM, Sensitivitas

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

sosioagribis

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Social Sciences

Description

Scientific Journal of SOSIO AGRIBIS was first published in 2001 based on the Rector Decree University of Wijaya Kusuma Surabaya No. Kep. 36/UWKS/V/2001 dated on May 1st, 2001, with biannual frequency of publication, in July and December. This journal contains writings in the form of research ...