JPUS: Jurnal Pendidikan Untuk Semua
Vol. 4 No. 2 (2020): Jurnal Pendidikan Untuk Semua, Juni 2020

PERAN PEKERJA SOSIAL DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN ANAK DI UPT PPSPA BATU (STUDI PADA KEMANDIRIAN ANAK AGRESIF)

Chandra Puspita Dewi (Universitas Negeri Surabaya)
Sjafiatul Mardliyah (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2020

Abstract

Perilaku agresif merupakan bentuk perilaku seperti menyakiti orang lain, baik secara fisik maupun secara mental. Bentuk perilaku agresif seperti memukul, berkelahi, mengejek, berteriak, sulit untuk diatur dan merusak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan peran pekerja sosial dalam membentuk kemandirian, faktor yang menghambat dan faktor yang mendukung pekerja sosial dalam membentuk kemandirian anak di UPT PPSPA Batu. Desain penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan rancangan yang digunakan adalah studi kasus. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi pertisipasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dengan pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Setelah tahapan tersebut, data diuji keabsahannya dengan creadibility, transferability, confirmability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih belum adanya peningkatan kemandirian pada anak dalam melakukan tugas-tugasnya seperti mencuci baju, mencuci piring, menyetrika, merapikan kamar tidur dan membersihkan lingkungan. Karena anak melakukannya atas dasar paksaan atau tekanan dan ancaman

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jpls

Publisher

Subject

Humanities Education

Description

JPUS: Jurnal Pendidikan Untuk Semua acommodate ideas, concept, and results of the research about Non Formal Education to be pulished, such as : 1. NFE programme : equality, citizen vocation, empowerment, elucidation, literacy, and social tuition. 2. NFE unit : Community Learning Center, courses, ...