Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Budaya
Vol 8 No 3 (2022): Ideas: Pendidikan, Sosial, dan Budaya (Agustus)

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi TikTok pada Materi Pengetahuan Dasar Geografi

Mawardi Hulinggi (Universitas Negeri Gorontalo)
Nurdin Mohamad (UNG)



Article Info

Publish Date
19 Aug 2022

Abstract

This study aims to develop learning media based on the TikTok application on the basic knowledge of geography. The method used in this study is a type of development research with the ADDIE model as an approach in preparing the learning media. The results of this study can be concluded that the development of learning media based on the TikTok application has passed a validity test by material experts who got a score percentage of 89.9%, the next validator is a product expert validator who got a score percentage of 87.5% and the last by a learning expert validator who gets a percentage of 95% so that it can be used in the learning process in the classroom related to the basic knowledge of geography. Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi tiktok pada materi pengetahuan dasar geografi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian pengembangan dengan model ADDIE sebagai pendekatan dalam menyusun media pembelajaran tersebut. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi TikTok telah melewati uji coba validitas oleh ahli materi yang mendapatkan persentase nilai sebesar 89,9%, validator selanjutnya adalah validator ahli produk yang mendapatkan persentase nilai sebesar 87,5% dan yang terakhir oleh validator ahli pembelajaran yang mendapatkan persentase sebesar 95% sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran di kelas terkait dengan materi pengetahuan dasar geografi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ideas

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Ideas adalah sebuah jurnal online berbasis OJS yang memfasilitasi publikasi artikel ilmiah dari hasil penelitian. Hasil penelitian dapat berupa hasil penelitian mandiri atau kolaboratif. Peneliti dapat berasal dari berbagai kalangan seperti guru, dosen, mahasiswa, atau praktisi. Fokus ...