Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Budaya
Vol 8 No 3 (2022): Ideas: Pendidikan, Sosial, dan Budaya (Agustus)

Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran IPS

Sayyidah Intan Nurul Izzah (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka)
Wati Sukmawati (Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka)



Article Info

Publish Date
10 Aug 2022

Abstract

The purpose of this study is to examine the impact of the PBL (Problem Based Learning) model on students motivation to learn about social studies in 4th grade elementary school students.. Using a quantitative experimental approach with a quasi-experimental research methodology, researchers cannot control all external variables that affect the experiments outcome.. The t test was used to examine the test results once they were collected. There was no significant difference in students learning motivation between the PBL approach and the conventional model, according to the findings. The tcount ttable value of 0.661 1.672 demonstrates this. As a result, H0 is accepted and H1 is rejected, indicating that the Problem Based Learning (PBL) Model has no effect on students willingness to learn social studies when compared to students who do not use the Problem Based Learning (PBL) Model. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model PBL (Problem Based Learning) terhadap motivasi belajar peserta didik dalam mata pelajaran IPS pada peserta didik kelas 4 SD. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif eksperimen dengan metode penelitian quasi experiment dimana peneliti tidak dapat mengontrol semua variabel luar yang mempengaruhi jalannya eksperimen. Data yang didapat dari pemberian tes dianalisis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar peserta didik yang menggunakan model PBL dengan model konvensional. Hal ini dapat dilihat dari thitung < ttabel,yaitu 0,661 < 1,672. Dengan demikian H0 diterima dan H1 ditolak, yang artinya tidak ada pengaruh dari model pembelajaran Problem Based Learning terhadap motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran IPS peserta didik antara yang menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan yang tidak menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di SDN Susukan 07 Pagi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ideas

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Ideas adalah sebuah jurnal online berbasis OJS yang memfasilitasi publikasi artikel ilmiah dari hasil penelitian. Hasil penelitian dapat berupa hasil penelitian mandiri atau kolaboratif. Peneliti dapat berasal dari berbagai kalangan seperti guru, dosen, mahasiswa, atau praktisi. Fokus ...