Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini berkaitan dengan penerapan model pembelajaran car sort terhadap hasil belajar teks prosedur. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan korelasi penerapan pembelajaran menyusun Teks Prosedur dengan menggunakan metode card sort terhadap hasil belajar menulis teks prosedur di kelas VII SMP Yayasan Perguruan Keluarga. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif koresional dalam usulan penelitian, dengan memberikan essay tes, yang di dalam usulan penelitian, proses hiotesis, turun ke lapangan, analisis data dan kesimpulan data sampai penulisan menggunakan aspek pengukuran, dengan memberikan essay tes. Artinya data dilakukan dengan cara uji product moment, uji t litergrasi linear, mencari rata-rata (x) dan (y), standar deviasi (S), dan hipotesis diuji dengan statistik atau uji t pada taraf signifikan 16α"> = 0,03 Nilai rata-rata pre-test dan post-test sehingga adalah 61.61 dan 85.76 dengan selelisih 24,15. Dari hasil uji hipotesis menggunkan uji t diperoleh thitung 1.997 > ttabel 1,995, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan penelitian ada perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran card sort terhadap hasil belajar teks prosedur di kelas VII SMP Yayasan Perguruan Keluarga Pematangsiantar.
Copyrights © 2022