Memiliki supervisor untuk penjualan produk asuransi diperlukan agar ada seseorang yang bertanggung jawab mengontrol serta mengkoordinir kerja tim asuransi yang berada dibawahnya. Permasalahannya adalah pihak manajemen perusahaan memiliki kendala untuk memutuskan siapa karyawan yang layak menempati posisi supervisor tersebut, karena cukup banyak karyawan potensial yang memenuhi kriteria seperti yang sudah ditetapkan. Pihak manajemen harus memutuskan secara cermat untuk menghindari penilaian yang subyektif, timbulnya kecemburuan antara karyawan yang menjadi kandidat serta pengambilan keputusan yang nantinya dapat merugikan banyak pihak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah profile matching. Dalam sistem pendukung keputusan, metode profile matching sesuai digunakan untuk pengambilan keputusan yang berkaitan dengan prestasi ataupun promosi jabatan. Kriteria yang menjadi pertimbangan dalam pemilihan supervisor ini ada tiga aspek yaitu aspek sikap kerja, produktivitas kerja, dan skill. Dengan mengacu pada langkah-langkah perhitungan yang terdapat dalam metode profile matching serta aspek dan nilai standar yang sudah ditetapkan diharapkan dapat mempersingkat waktu penilaian dan memberikan keakuratan data sehingga keputusan dapat segera diambil. Penelitian ini bertujuan membantu manajemen mengambil keputusan memilih supervisor yang tepat untuk mengawasi penjualan produk asuransi demi kemajuan perusahaan. Dari perhitungan dan penilaian yang dilakukan, karyawan dengan nilai hasil akhir paling besar berarti menduduki peringkat tertinggi dan memiliki peluang lebih besar dibandingkan yang lain untuk menempati posisi jabatan yang ditawarkan. Hasil dari penelitian ini adalah karyawan dengan kode K-04 memiliki nilai akhir paling besar yaitu 4,0 dan menjadi kandidat potensial yang memiliki peluang terbesar menempati jabatan supervisor tersebut.Kata Kunci: Profile Matching, Pemilihan Supervisor, Sistem Pendukung Keputusan
Copyrights © 2022