Buana Ilmu
Vol 7 No 1 (2022): Buana Ilmu

PENERAPAN KETERAMPILAN PROSES IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V SD

Yayan Alpian (Universitas Buana Perjuangan Karawang)
Rachmi Ramdhini (SD Negeri Melong Asih 4 Kota Cimahi)



Article Info

Publish Date
09 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keadaan di kelas VA SD Negeri Melong Asih 4 yang menunjukkan peserta didik memiliki hasil belajar yang rendah dalam mata pelajaran IPS. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan keterampilan proses IPS untuk meningkatkan hasil belajar IPS kelas 5. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas yang terdiri atas 4 siklus dengan satu pembelajaran di setiap siklusnya sesuai alur PTK model Kurt Lewin. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas 5A di SD Negeri Melong Asih 4 Kota Cimahi sebanyak 30 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan keterampilan proses IPS di kelas 5 dapat meningkatkan hasil belajar IPS kelas 5 SD. Peningkatan hasil belajar dapat terlihat dari evaluasi pada setiap pembelajaran. Pada tahap pra siklus, peserta didik yang tuntas mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebanyak 26,7%. Pada siklus pertama, persentase peserta didik yang mencapai nilai KKM mulai menunjukkan peningkatan menjadi 40%. Pada siklus kedua, pencapaian nilai KKM meningkat lagi menjadi 66,67%. Pada siklus ketiga, pencapaian nilai KKM sebesar 80% dan pada siklus keempat mencapai ketuntasan 100%. Proses pembelajaran yang mendorong peserta didik membangun pengetahuannya sendiri melalui keterampilan proses memberikan pengalaman bermakna dan memotivasi peserta didik untuk belajar.Kata Kunci : IPS, Keterampilan Proses, Hasil Belajar

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

BuanaIlmu

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Engineering Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Buana Ilmu menerbitkan penelitian, metodologi dan studi kasus tentang semua bidang ilmu secara umum. Naskah ilmiah dalam jurnal ini mengandung data dan informasi yang memajukan ilmu pengetahuan secara umum dan penelitian yang nyata. ...