Jurnal MathEducation Nusantara
Vol 5, No 2 (2022): July 2022

Pembelajaran Connected Mathematic Project Pada Materi Peluang Menggunakan Alat Peraga Dalang Pelangi

Indah Widyaningrum (STKIP Muhammadiyah Pagar Alam)
Novi Susanti (STKIP Muhammadiyah Pagar Alam)
Rani Hanalisa (STKIP Muhammadiyah Pagar Alam)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, apakah ada Pengaruh Model Pembelajaran Connected Mathematic Project Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Peluang Menggunakan Alat Peraga Dalang Pelangi Kelas VIII SMP Muhammadiyah Jarai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Post-test only control design. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Tes dan Dokumentasi. Untuk mengukur hasil belajar matematika siswa dalam penelitian ini digunakan tes tertulisĀ  yang berbentuk essai yang berjumlah 5 soal. Berdasarkan analisis data diperoleh nilai rata-rata siswa kelas eksperimen 74, 5 sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol 61, 92. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Connected Mathematic Project terhadap hasil belajar siswa pada materi Peluang menggunakan alat peraga Dalang Pelangi. Alat peraga dalang pelangi dapat mempermudah siswa dalam menemukan konsepĀ  materi peluang

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JMN

Publisher

Subject

Education Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Jurnal MathEducation Nusantara berfokus pada publikasi hasil penelitian ilmiah pada bidang pendidikan matematika. Artikel yang dipublikasikan merupakan hasil dari civitas akademika internal dan eksternal Universitas Muslim Nusatara Al Washliyah khususnya pada bidang pendidikan matematika. Jurnal ini ...