Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Nusantara (JPPNu)
Vol 4 No 2 (2022): Volume 4 Nomor 2, Desember 2022

Pendampingan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas untuk Meningkatkan Kompetensi Literasi SD Se-Kabupaten Sambas Kalimantan Barat

Ahmad Izzuddin (Universitas Nahdlatul Ulama Blitar)
Agus Yulianto (Universitas Nahdlatul Ulama Blitar)
Moch Rio Pambudi (Universitas Nahdlatul Ulama Blitar)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2022

Abstract

Pembelajaran jarak jauh berdampak pada penurunan kompetensi literasi. Permasalahan penuruanan capaian pembelajaran ditemukan pada saat observasi dan pre-test. Permasalahan dikelas bawah masih banyak siswa yang belum mengenali huruf, belum bias mengeja, dan belum bisa merangkai kata. Permaslahan pada kelas atas siswa yang belum bisa memahami dan mengkritisi bacaan. Tujuan pengabdian untuk membantu peserta didik untuk meningkatkan kompetensi literasi serta mendapatkan hak-hak pendidikan dan kegiatan belajar pada era pandemic di SD se-kabupaten Sambas. Kegiatan pengabdian ini dilakukan dengan tiga tahapan. Tiga tahapan yang dilakukan antara lain; (1) assesment awal, (2) pendampingan perseta didik, dan (3) assesment akhir. Hasil rata-rata skor pre-test literasi sebesar 60, post-test literasi sebesar 82, dan gain-score literasi sebesar 56,5%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jppnu

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Nusantara (JPPNu) adalah jurnal yang dikelola oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Blitar dengan muatan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Jurnal ini diterbitkan dua kali dalam setahun dalam bentuk cetak dan online pada ...