cover
Contact Name
Sri Utami
Contact Email
unublitar.jppnu@gmail.com
Phone
+6281331676319
Journal Mail Official
unublitar.jppnu@gmail.com
Editorial Address
Jalan Masjid Nomor 22 Kota Blitar, Provinsi Jawa Timur, Indonesia
Location
Kab. blitar,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Nusantara (JPPNu)
ISSN : 26853884     EISSN : 26854783     DOI : https://doi.org/10.28926
Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Nusantara (JPPNu) adalah jurnal yang dikelola oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Blitar dengan muatan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Jurnal ini diterbitkan dua kali dalam setahun dalam bentuk cetak dan online pada Juli dan Desember.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 109 Documents
Kemampuan Guru Dalam Menyusun Rencana Pembelajaran Berbasis Karakter Aplikasi Kurikulum 2013 di Blitar Raya Mohammad Zainuddin; Sutansi Sutansi; Mohamad Fatih; Kistin Restu Perdana
Jurnal Abdimas UNU Blitar Vol 1 No 1 (2019): Volume 1, Nomor 1, Juli 2019
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28926/jppnu.v1i1.1

Abstract

Program Pengabdian Masyarakat ini ditujukan kepada guru-guru SD di Blitar Raya khususnya MI Plus Baitun Naim (Mitra 1) dan SDI Tarbiyatul Falah (Mitra 2), dimana dala merencanakan pembelajaran kurikulum 2013 guru masih mengalami kesulitan untuk menyususn RPP dan menyisipkan pendidikan karakter di dalamnya. Pembimbingan dalam penususnan rencana pembelajaran berbasis karakter terbagi menjadi 2 sesi. Tahapan kemitraan yang dilakukan untuk Mitra I dan II yaitu: (1) melakukan pelatihan terkait urgensi, komponen, dan kiat-kiat penyusunan RPP berbasis karakter, (2) memberikan penugasan dan pendampingan penyusunan RPP berbasis karakter. Pengabdian telah dilaksankan dengan lancar selama 3 hari. Hari pertama pemberian materi (tatap muka), hari kedua dan ketiga merupakan penugasan. Pada penugasan ini, peserta telah menghasilkan produk yang diharapkan. Kesimpulan pelaksanan pengabdian adalah meningkatnya kemampuan guru dalam membuat perancanaan pembelajaran (RPP) berbasis karakter yang akan diterapkan dalam pembelajaran kurikulum 2013. Sehingga dengan bekal yang telah dimiliki ini dapat meningkatkan kompetensi professional guru-guru.
Sosialisasi Penyimpanan Pakan Untuk Meningkatkan Pengetahuan Peternak Sulthon Farm Lestariningsih Lestariningsih; Rosidi Azis
Jurnal Abdimas UNU Blitar Vol 1 No 1 (2019): Volume 1, Nomor 1, Juli 2019
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28926/jppnu.v1i1.2

Abstract

Mitra dalam pengabdian ini adalah Sulthon farm yang merupakan peternak mandiri ayam pedaging yang terletak di Dusun Centong, Kecamatan Kanigoro, Desa Sawentar Kabupaten Blitar. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan mitra dalam penyimpanan pakan ayam pedaging. Mitra mengalami kesulitan dalam melakukan penympanan pakan. Berdasarkan pengalaman yang telah dilaksanakan oleh mitra diketahui bahwa pakan mitra sering sekali berjamur sehingga tidak dapat bertahan lama. Hal ini dapat berdampak kepada produktivitas dari ayam pedaging mitra. Metode yang digunakan adalah survey, wawancara dan dilanjutkan dengan sosialisasi penyimpanan pakan ayam pedaging. Berdasarkan hasil pre test dan post test diketahui bahwa sosialisasi penyimpanan pakan ayam pedaging kepada mitra dapat meningkatkan tingkat pengetahuan mitra sebesar 40%. Hal ini perlu ditindaklanjuti dengan praktek secara langsung dalam penyimpanan pakan ayam pedaging di peternakan mitra.
Meningkatkan Pemahaman dan Keterampilan Ibadah Haji Bagi Peserta Didik, Guru, dan Wali Murid Melalui Pembelajaran Praktik Manasik Haji Untuk Anak Usia Dini M. Subhan Ansori; Siti Uswatun Kasanah; A. Rachman Sidik
Jurnal Abdimas UNU Blitar Vol 1 No 1 (2019): Volume 1, Nomor 1, Juli 2019
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.28926/jppnu.v1i1.3

Abstract

Pelatihan manasik haji pada anak usia dini di sekolah TK pada dasarnya merupakan salah satu wahana memperkenalkan nilai dan praktik ibadah haji tidak saja bagi anak, melainkan juga bagi guru dan wali murid. Materi ibadah haji sebagai sebagaimana umumnya materi ibdah tidak bisa dikuasai peserta didik dengan baik tanpa adanya keseimbangan antara teori dan praktik. Karena itu program pengabdian masyarakat ini menggunakan pendekatan pembelajaran teori-teori dan praktik manasik haji untuk meningkatkan kualitas pemahaman peserta didik sejumlah 1.980 peserta didik dari TK Al Hidayah se-Kabupaten Blitar. Pelaksanaan kegiatan ini mendapat respon positif dari masyarakat yang ditunjukkan oleh antusiasme wali murid dalam mendampingi putra-putrinya. Keberhasilan penyelenggaraan kegiatan pelatihan manasik haji anak TK Al- Hidayah se-Kabupaten Blitar timur ini dibuktikan dengan penyematan (penghargaan) sebagai Penyelenggaraan Kegiatan Manasik Anak terbaik se Kabupaten Blitar yang diberikan oleh Pengurus Cabang Muslimat NU Kabupaten Blitar. Beberapa manfaat dari Kegiatan Pelatihan Manasik ini diantaranya adalah: meningkatkan pemahaman dan ketrampilan peserta didik terhadap ibadah haji; memotivasi anak untuk menyempurnakan rukun Islam (ibadah Haji); meningkatkan pemahaman dan ketrampilan serta memotivasi masyarakat, dalam hal ini tenaga pendidik dan wali murid yang terlibat dalam pelatihan. Jadi pelatihan manasik haji menjadi penting dalam meningkatkan pemahaman dan ketrampilan ibadah haji bukan hanya bagi peserta didik usia dini melainkan juga bagi guru dan wali murid.
Uji Kompetensi Bahasa Inggris SD Se-Kecamatan Srengat Bagi Kelas 1,2,3 Menggunakan Spelling Bee Untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Rasa Percaya Diri Siswa Siti Rofi'ah; Tyas Alhim Mubarok
Jurnal Abdimas UNU Blitar Vol 1 No 1 (2019): Volume 1, Nomor 1, Juli 2019
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Mata pelajaran Bahasa Inggris sudah diajarkan kepada anak sejak di Sekolah Dasar meskipun hanya sebagai mata pelajaran muatan lokal. Namun terdapat beberapa masalah bagi siswa Sekolah Dasar dalam belajar bahasa Inggris. Diantaranya kurangnya minat belajar karena mereka menganggap sulit mata pelajaran tersebut dikarenakan bahasa Inggris merupakan bahasa asing yang jarang dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu kurangnya percaya diri siswa dalam menggunakan bahasa Inggris. Ini dikarenakan mereka takut salah mengucapkan atau menuliskannya. Kegitan ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar/ motivasi belajar siswa melalui permainan yang edukatif sehingga dapat berdampak pada pencapaian prestasi siswa yang meningkat; dan meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam menggunakan bahasa Inggris melalui permainan spelling bee untuk siswa SD kelas 1,2,3 se-Kecamatan Srengat. Dari kegiatan tersebut siswa semakin semangat dan memiliki keinginan lebih besar dalam belajar bahasa Inggris
Strategi Peningkatan Kemampuan Peternak Itik Melalui Pelatihan Manajemen Pakan Itik Terhadap Kelompok Peternak Itik Hibrida Super di Desa Slorok Kecamatan Doko Kabupaten Blitar Rosidi Azis; David Kurniawan
Jurnal Abdimas UNU Blitar Vol 1 No 1 (2019): Volume 1, Nomor 1, Juli 2019
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Produktivitas itik hibrida di kelompok peternak Desa Slorok Kecamatan Doko Kabupaten Blitar sangat rendah. salah satu cara untuk meningkatkan produktivitas itik hibrida melalui peningkatan kualitas SDM kelompok peternak dengan memberikan pelatihan managemen pakan itik hibrida. Tujuan dari program ini untuk meningkatkan produktivitas itik hibrida. Metode yang digunakan yaitu survey terhadap masalah, analisis masalah dan penentuan fokus masalah. Hasil dari pelatihan ini yaitu managemen pakan di berikan diberikan pukul 06.00 WIB dan pukul 15.00 WIB. Pakan yang diberikan harus memenuhi syarat gizi pakan berdasarkan umur itik. Aplikasi penyusunan ransum menggunakan Microsoft excel sesuai kebutuhan itik dan berdasarkan estimasi harga pakan itik. Kesimpulan kegiatan ini sebagai upaya peningkatan kualitas SDM kelompok ternak itik melalui pelatihan managemen pakan itik hibrida super untuk meningkatkan produktivitas itik hibrida super.
Pelatihan Kondisi Fisik Dominan Bola Basket Hendra Mashuri; Jatmiko Jatmiko; M Anis Zawawi; Moh. Nur Kholis; Slamet Junaidi; Budiman Agung Pratama; Setyo Harmono
Jurnal Abdimas UNU Blitar Vol 1 No 2 (2019): Volume 1, Nomor 2, Desember 2019
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pelatihan kondisi fisik dominan bola basket bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pelatih dalam melatih pemain bola basket di Kabupaten Pasuruan. Peningaktan kemampuan pelatih terdiri dari peningkatan pengetahuan, keterampilan, dan sikap pelatih. Pelatihan ini diawali dari analisis kebutuhan prestasi bola basket selama PORPROV 2019. Hasil yang kurang maksimal didapatkan tim bola basket Kabupaten Pasuruan. Fakta kersebut menuntut upaya perbaikan dari sisi pelatih. Kegiatan pelatihan ini terbagi menjadi empat sesi yagn diadakan dalam satu hari. Sesi pertama pre-test, sesi kedia materi kelas, sesi ketiga praktil lapangan, dan sesi keempat post-test. Hasil pelatihan ini menunjukkan peningkatan kemampuan pelatih dalam hal pengetahuan, keterampilan, dan sikap dalam melatih.
Pendampingan Pembuatan dan Penggunaan Alat Peraga Matematika bagi Guru di SD 2 Mlati Lor Kudus Eka Zuliana; Himmatul Ulya; Ratri Rahayu
Jurnal Abdimas UNU Blitar Vol 1 No 2 (2019): Volume 1, Nomor 2, Desember 2019
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Program pendampingan pembuatan alat peraga ini merupakan program pengabdian kepada masyarakat (PKM) yang ditujukan untuk guru SD 2 Mlati Lor Kudus. Permasalahan mitra adalah ketersediaan alat peraga yang minim dan kurangnya pengetahuan guru tentang cara penggunaan alat peraga matematika secara benar. Tujuan kegiatan PKM ini adalah menyediakan alat peraga matematika SD dan memberikan pengetahuan kepada mitra guru tentang pembuatan dan penggunaan alat peraga tersebut. PKM dilakukan dengan metode pelatihan interaktif dan pendampingan. Interaksi dua arah dilakukan dalam proses pelatihan dengan cara memberikan kesempatan kepada mitra guru untuk menyumbangkan ide, pendapat, pikiran, dan pengalamannya. Sedangkan pelaksanaan pendampingan pembuatan dan penggunaan alat peraga pada guru dilakukan dalam beberapa tahap, antara lain: perencanaan, pelaksanaan, follow up, dan evaluasi. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah guru SD 2 Mlati Lor mampu membuat, menggunakan alat peraga, dan melakukan simulasi dan praktik pembelajaran matematika menggunakan alat peraga.
Hipo Babe (Hidroponik Popok Bayi Bekas) sebagai Alternatif Kebersihan Lingkungan dan Pertanian di Desa Panggungasri Endah Setyowati; Tutut Triono; Ulfa Fitrotul Niam; Nuril Rohmatul Laili; Ardhi Sanwidi
Jurnal Abdimas UNU Blitar Vol 1 No 2 (2019): Volume 1, Nomor 2, Desember 2019
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Desa Panggungasri termasuk daerah dengan tanah yang kurang subur. Selain itu, tingkat pertumbuhan yang tinggi menambah permasalahan kebersihan lingkungan, salah satunya sampah popok bayi bekas. Dengan menggabungkan pengolahan sampah popok bayi bekas dan sistem pertanian hidroponik yang diberi nama Hipo Babe (Hidroponik Popok Bayi Bekas), diharapkan mampu mengatasi masalah di Desa Panggungasri. Pemberdayaan masyarakat melalui Anggota Karang Taruna Bhina Putra Mandiri diharapkan mampu meningkatan keterampilan dan pengetahuan guna mendukung program kerja yang telah dilakukan. Metode yang digunakan adalah ceramah, diskusi, simulasi, pelatihan dan pendampingan. Hasil yang telah dicapai selama program dilakukan dengan mengacu pada identifikasi masalah adalah sebagai berikut 1). Sosialisasi dan pelatihan mengenai proses pertanian Hipo Babe yang dilaksanakan pada tanggal 8 Mei 2019, 2). Terbentuknya komunitas peduli lingkungan sebagai pendukung keberlanjutan program, 3). Memaksimalkan program kerja kelompok dalam bidang pertanian dan kebersihan lingkungan, 4). Terciptanya pertanian menggunakan teknik Hipo Babe.
Peningkatan Peran Pendamping Sebaya sebagai Upaya Menghindari Paham Radikalisme melalui Organisasi Mahasiswa (ORMAWA) Universitas Nahdlatul Ulama Blitar Agus Hermawan; Redhitya Wempi Ansori; Saptono Hadi; Sri Utami
Jurnal Abdimas UNU Blitar Vol 1 No 2 (2019): Volume 1, Nomor 2, Desember 2019
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Radikalisme secara etimologis berasal dari radix yang berarti akar. Kalau konsep itu ditarik ke konsep yang sekarang ini dicuatkan sebagai sebuah konsepsi Radikalisme adalah suatu paham yang mengatur cara berpikir, kemudian diturunkan dalam cara bersikap dan berperilaku yang mengedepankan segala sesuatu itu secara mendalam sampai ke akar-akarnya. Tentunya, kalau ditinjau dari aspek pengertian secara bahasa kata radikal itu merupakan kata yang bermakna positif. Hal itu kalau diimplementasikan ke aspek keilmuan, seperti “Peneliti itu melakukan penelitian secara radikal” artinya sangat positif. Akan tetapi, istilah radikal atau radikalisme iu sekarang disandingkan dengan kata fundamentalis atau konservatisme. Oleh sebab itu, maknanya bergeser menjadi berkonotasi negatif seperti sebuah tindakan yang menghendaki terjadinya perubahan sosial politik secara besar-besaran dan ekstrem.
Bimbingan Teknis Administrasi Organisasi Yayasan Pendidikan Muslimat Nahdlatul Ulama di Kecamatan Garum Kabupaten Blitar Siti Uswatun Kasanah; Umi Nahdliyah; M. Subhan Ansori
Jurnal Abdimas UNU Blitar Vol 1 No 2 (2019): Volume 1, Nomor 2, Desember 2019
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Program PengabdianbMasyarakat ini ditujukan kepada Pengurus Yayasan Pendidikan Muslimat Nahdlatul Ulama (YPMNU) Bina Bakti terdiri dari 6 ranting, dimana dalam melaksanakan organisasi pengurus masih mengalami kesulitan untuk merencanakan, menyiapkan hingga mengisi administrasi organisasi yang menjadi tanggungjawabnya. Pembimbingan dalam penususnan administrasi dilaksanakan pada 31 Oktober, 5 November dan 11 November 2019. Tahapan kemitraan yang dilakukan untuk Mitra I-VI yaitu: (1) melakukan pengecekan administrasi pembukuan yang sudah ada, pelatihan terkait urgensibadministrasi, (2)komponen-komponen administrasi, dan teknis pengisian administrasi surat menyurat dan pembukuan, (3) memberikan penugasan maupun pendampingan penyusunan administrasi pembukuan berbasis organisasi gender. Pengabdian ini telah dilaksankan dengan baik selama 3 kali. Hari pertama dilaksanakan di Ranting Karangrejo dan Sidodadi hari kedua Ranting Slorok dan Tawangrejo dan ketiga di ranting Tanggung dan Manukan. Di setiap ranting, peserta telah mampu merencanakan administrasi organisasi yang harus disiapkan, menyusun dan meruntinkan mengadministrasikan. Kesimpulan pelaksanan pengabdian adalah meningkatnya kemampuan pengurus organisasi berbasis gender dalam membuat perancanaan administrasi pembukuan dan mengisi pembukuan tersebut yang akan diterapkan dalam masa kepengurusan tahun 2019-2024. Sehingga berabekal kemampuan yang telah dimiliki dapat meningkatkan kemampuan professional pengurus organisasi berbasis gender.

Page 1 of 11 | Total Record : 109