Dynamic Management Journal
Vol 6, No 2 (2022): Dynamic Management Journal

PERSEPSI GENERASI MILENIAL TERHADAP PENGGUNAAN APLIKASI MARKETPLACE - SHOPEE

Tri Endi Ardiansyah (Universitas Muhammadiyah Tangerang)
Eka Hendra Priyatna (Universitas Muhammadiyah Tangerang)
Januar Eky Pambudi (Universitas Muhammadiyah Tangerang)
Lasera Resta Melati (Universitas Muhammadiyah Tangerang)



Article Info

Publish Date
10 Aug 2022

Abstract

ABSTRAK:Generasi milenial sebagai konsumen sekaligus pengguna aplikasi marketplace pada saat ini mengalami dinamika. Penelitian ini menggunakan metode asosiasif dengan pendekatan kuantitatif, dimana teknik analisis data deskriptif digunakan untuk mengetahui gambaran atas tanggapan jawaban responden dan sebaran data, sedangkan analisis statistik inferensial untuk pengujian hipotesis. Berdasarkan uji korelasi Perilaku Konsumen, dan Konsep Layanan Elektronik dengan Keputusan penggunaan aplikasi marketplace memiliki hubungan kuat sekali. Sedangkan kontribusi Perilaku Konsumen, dan Konsep Layanan Elektronik terhadap Keputusan penggunaan aplikasi marketplace sebesar 81,40%, sisanya 18,6% dipengaruhi oleh epsilon, namun mempengaruhi Keputusan penggunaan aplikasi marketplace yaitu diduga oleh variabel Kualitas Informasi, Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan sebagainya. Jika diproyeksikan berdasarkan uji regresi berganda menunjukan bahwa semakin tinggi nilai Perilaku Konsumen  dan Konsep Layanan Elektronik secara bersamaan, maka meningkatkan nilai Keputusan penggunaan aplikasi marketplace.Kata Kunci: Perilaku Konsumen, Layanan Elektronik, Keputusan PenggunaanABSTRACT:The Milenial generations  as customer and user of marketplace application have been disrupt. This study uses an associative method with a quantitative approach where descriptive data analysis techniques are used to describe the responses of respondents' answers,while inferential statistical analysis is for hypothesis testing. Based on the Consumer Behavior correlation test,and Electronic Sales Services with Decision To Use The Marketplace Application have a very strong relationship. While the contribution of Consumer Behavior and Electronic Sales Service Concept to Decision To Use The Marketplace Application is 81.40%, the remaining 18.6% is influenced by epsilon, but affect to Decision To Use The Marketplace Application  which is presumed by variables of information quality, product quality,service quality,etc. If this study is projected based on multiple regression tests it shows that, the higher value of Consumer Behavior and Electronic Sales Service Concept simultaneously at a certain value, then it will increase the value of Decision To Use The Marketplace Application at a certain value as well.Keywords: Consumer Behavior, Electronic Sales Service , Decision to use.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

dmj

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Other

Description

Dynamic Management Journal (e-ISSN 2580-2127), adalah jurnal akademis yang dipublikasikan oleh Program Studi Manajemen, Universitas Muhammadiyah Tangerang, Indonesia. Dynamic Management Journal merupakan sarana bagi dosen, peneliti, ataupun praktisi manajemen untuk mempublikasikan hasil dari ...