Jurnal Rekayasa, Teknologi, dan Sains
Vol 6, No 2 (2022): Jurnal Rekayasa, Teknologi, dan Sains

PENGARUH GAYA REM CAKRAM (DISK BRAKE), KETEBALAN CAKRAM, MINYAK REM PADA SEPEDA MOTOR HONDA BEAT POP 2015, 110CC

Naufal Nawaf Hafizh (Universitas Saburai)
Muhammad Yunus (Universitas Saburai)
Wisnaningsih Wisnaningsih (Universitas Saburai)



Article Info

Publish Date
13 Aug 2022

Abstract

 ABSTRAK Sistem pengereman adalah salah satu bagian yang paling penting bagi kinerja sepeda motor. Rem merupakan suatu sistem yang bekerja untuk mengontrol, memperlambat, dan menghentikan perputaran. Prinsip kerja dari rem adalah merubah energi kinetik menjadi panas dengan cara menggesekkan piringan (disc brake / rotor) dengan kampas rem (brake pad) pada saat kedua komponen tersebut berkontak. Rem berfungsi untuk mengurai kecepatan dan menghentikan laju kendaraan. Sistem ini sangan penting karena memiliki fungsi sebagai alat keselamatan dan menjamin untuk pengendara yang aman. Kendaraan tidak dapat berhenti apabila pengereman hanya dilakukan dengan pengereman mesin, kelemahan ini harus dikurangi agar dapat menurunkan kecepatan gerak kendaraan hingga berhenti. Kerja rem disebabkan adanya gaya gesek pada rem melawan sistem gerak putar piringan (disk). Tujuan dari penelitian ini mengetahui fungsi dari sebuah pengereman dalam posisi kecepatan yang telah ditentukan. Hasil dari penelitian ini yaitu pada sebuah sepeda motor Honda Beat Pop dengan berat total 217 kg melaju dengan kecapatan 80 km/jam (22,22 m/s) melakukan pengereman pada sepeda motor tersebut sampai berhenti. Motor itu berhenti setelah menempuh jarak 50 m dengan kecepatan 80 km/jam. Kata Kunci : rem cakram, ketebalan cakram, pengaruh gaya rem cakram   ABSTRACT The Effect Of Disc Brake Force, Disc Thickness, Brake Oil On Honda Beat Pop 2015 Motorcycle, 110CC. The braking system is one of the most important parts for motorcycle performance. Brakes are a system that works to control, slow down, and stop rotation. The working principle of the brake is to convert kinetic energy into heat by rubbing the disc (brake disc / rotor) with the brake pads when the two components are in contact. Brakes function to break down the speed and stop the vehicle. This system is very important because it has a function as a safety tool and guarantees a safe rider. The vehicle cannot stop if braking is only done with engine braking, this weakness must be reduced in order to reduce the speed of the vehicle until it stops. Brake work is caused by the frictional force on the brakes against the disc rotational motion system. The purpose of this study is to determine the function of a braking in a predetermined speed position. The method used in this research is an experimental method which is carried out directly. The result of this research is that on a Honda Beat Pop motorcycle with a total weight of 217 kg traveling at a speed of 80 km/hour (22.22 m/s) braking the motorcycle until it stops. The motorcycle stops after traveling 50 m at a speed of 80 km/h. Keywords: disc brake, disc thickness, effect of disc brake force  

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

teknologi

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Environmental Science Industrial & Manufacturing Engineering Mechanical Engineering

Description

Jurnal Rekayasa, Teknologi, dan Sains (JRETS) adalah media yang mempublikasikan naskah/tulisan ilmiah orisinil hasil penelitian dan kerekayasaan, ulasan atau komunikasi singkat (review), analisis kebijakan atau catatan penelitian singkat serta pikiran dan pandangan dalam bidang rekayasa, teknologi, ...