Jurnal Akuntansi & Perpajakan Jayakarta
Vol 4 No 1 (2022): Vol. 04 No. 01 Juli 2022

PENGARUH PERPUTARAN KAS DAN PERPUTARAN PERSEDIAAN TERHADAP PROFITABILITAS (STUDI KASUS PADA PT. HANJAYA MANDALA SAMPOERNA TBK YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2014-2021)

Filza Anggraeni (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Jayakarta)
Samuel Horas Sarjana (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Jayakarta)
Rina Dameria N Rina Dameria N (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Jayakarta)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perputaran kas dan perputaran persediaan terhadap profotabilitas (ROA) pada PT. Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk periode 2014 sampai 2021 dalam triwulan dan tahunan. Data yang digunakan data sekunder. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode non-probability sampling yaitu sampel jenuh, populasi sama dengan sampel. Teknik analisis data menggunakan data menggunakan model deskriptif dan korelasi dengan tingkat signifikan 5%. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan secara parsial, Perputaran Kas berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas, sedangkan Perputaran Persediaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas. Sedangkan secara simultan, Perputaran Kas dan Perputaran Persediaan berpengaruh positif dan signifikan. Nilai R square sebesar 0,739 yang menunjukkan 73,9% ROA dapat dijelaskan oleh variabel independen, sedangkan sisanya 26,1% dijelaskan diluar variabel lain diluar penelitian ini.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JAPJayakarta

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Akuntansi & Perpajakan Jayakarta (JAP Jayakarta) merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Jurusan Akuntansi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Jayakarta yang diterbitkan setiap 2 kali dalam setahun, yaitu bulan Januari dan Juli. Jurnal Akuntansi & Perpajakan Jayakarta (JAP Jayakarta) berfokus pada ...