JURNAL ILMIAH PENJAS (Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran)
Vol. 8 No. 2 (2022): Jurnal Ilmiah Penjas

ANALISIS KEMAMPUAN SHOOTING SEPAK BOLA USIA 10-12 TAHUN PADA SEKOLAH SEPAK BOLA (SSB) BINA NUSANTARA KLATEN TAHUN 2022

Muhammad Rizqon Naufal (Universitas Tunas Pembangunan Surakarta)
Widha Srianto (Universitas Tunas Pembangunan Surakarta)
Agustanico Dwi Muryadi (Universitas Tunas Pembangunan Surakarta)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah : untuk mengetahui seberapa besar tingkat kemampuan shooting sepak bola usia 10-12 tahun pada SSB Bina Nusantara Klaten. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dalam bentuk persentase. Populasi penelitian ini adalah siswa usia 10-12 tahun di SSB Bina Nusantara Klaten yang berjumlah 38 siswa, dengan teknik pengambilan sampling yang digunakan adalah purposive sampling, dengan kriteria yaitu: (1) Siswa SSB Bina Nusantara Klaten dengan usia 10-12 tahun, (2) Siswa SSB sudah pernah mendapatkan materi teknik dasar shooting, (3) Siswa SSB yang sudah bergabung selama kurang lebih 6 bulan. Berdasarkan kriteria tersebut yang memenuhi kriteria adalah 25 orang. Pelaksanaan pengambilan data dilakukan di lapangan sepak bola Desa Jonggrangan. Instrumen yang digunakan adalah tes keterampilan dasar sepak bola untuk anak usia 10-12 tahun yaitu shooting at the ball. Analisis data dilakukan dengan norma penilaian keterampilan shooting sepak bola dari instrumen tes tersebut. Berdasarkan hasil analisis data, maka penelitian ini menghasilkan simpulan bahwa tingkat kemampuan shooting sepak bola siswa usia 10-12 tahun pada SSB Bina Nusantara Klaten tahun 2022 masuk dalam kategori sedang dengan persentase sebesar 36%. Secara keseluruhan tingkat kemampuan shooting sepak bola siswa usia 10-12 tahun pada SSB Bina Nusantara Klaten tahun 2022 yaitu kategori “baik sekali” sebanyak 4 siswa dengan persentase sebesar 16%, kategori “baik” sebanyak 7 siswa dengan persentase sebesar 28%, kategori “sedang” sebanyak 9 siswa dengan persentase sebesar 36%. dan kategori “kurang” sebanyak 5 siswa dengan persentase 20%, sedangkan untuk kategori “kurang sekali” sebanyak 0 siswa dengan persentase 0%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIP

Publisher

Subject

Humanities Education Public Health Social Sciences Other

Description

Publikasi jurnal ini bertujuan untuk menyebarluaskan pemikiran atau gagasan konseptual serta hasil penelitian yang telah dicapai di bidang olahraga. JURNAL ILMIAH PENJAS (Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran) dipublikasikan 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Januari dan Juli. Jurnal ILMIAH ...