Jurnal Ekonomi Bisnis Manajemen Prima
Vol. 4 No. 1 (2022): Jurnal Ekonomi Bisnis Manajemen Prima

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PROMOSI PENJUALAN DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PT DARUL UMROH HARAMAIN MEDAN

Bima Sandi Kosasi (Universitas Prima Indonesia)
Rosinta Romauli Situmeang (Universitas Prima Indonesia)
Maria Claudia Kharisma (Universitas Prima Indonesia)
Jenny Astri (Universitas Prima Indonesia)



Article Info

Publish Date
29 Aug 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, promosi penjualan dan harga terhadap keputusan pembelian PT Darul Umroh Haramain Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh konsumen yang pernah melakukan pembelian pada PT Darul Umroh Haramain Medan.Sampel penelitian ini menggunakan rumus Hair et al yaitu sebanyak 115 responden. Teknik pengumpulan data melalui kuisioner dan wawancara yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Structural Equation Model (SEM) dengan metode alternatif Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) kualitas pelayanan berperngaruh positif tidak signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai 0.012 dan P-Values0.686. (2) promosi penjualan berpengaruh positif tidak signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai 0.131 dan P-Values 0.177. (3) harga berperngaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai 0.270 dan P-Values 0.032.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JEBIM

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ekonomi Bisnis Manajemen Prima merupakan jurnal ilmiah online yang diterbitkan secara berkala oleh Fakultas Ekonomi Universitas Prima Indonesia dan teregistrasi oleh LIPI dengan SK ISSN 0005.2685984X/JI.3.1/SK.ISSN/2019.08 pada Agustus 2019. Jurnal Ekonomi Bisnis Manajemen Prima menerima ...