JURNAL TUGAS AKHIR MAHASISWA
Vol. 5 No. 2 (2022): JURNAL LOCANA

STRUKTUR DRAMATIK KUMPULAN NASKAH DRAMA ”SIMBOK DAN PEKERJAAN-PEKERJAAN MASA DEPAN“ KARYA MIA ISMED: Dramatic Structure A Collection Of Drama Scripts “Simbok dan Pekerjaan-Pekerjaan Masa Depan Creation Mia Ismed”

Abdul Karim (Unknown)
Sainul Hermawan (Unknown)
Dewi Alfianti (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk struktur dramatik dalambuku kumpulan naskah drama “Simbok dan Pekerjaan-Pekerjaan Masa Depan” KaryaMia Ismed. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data yangdigunakan ialah buku kumpulan naskah drama “Simbok dan Pekerjaan-Pekerjaan MasaDepan” Karya Mia Ismed. Data penelitian ini adalah eksposisi, konflik, komplikasi, krisis,resolusi dan keputusan yang ada dalam kumpulan naskah drama “Simbok dan Pekerjaan-Pekerjaan Masa Depan” Karya Mia Ismed yang diterbitkan pada tahun 2020 olehGambang Buku Budaya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan tidak semua naskahterdapat enam struktur dramatik. Beberapa naskah yang memiliki enam struktur dramatik,antara lain: “Kartini di Perbatasan”, “Roh”, dan “Debu”. Sementara itu, lima naskahlainnya tidak memiliki enam struktur dramatik yang lengkap. Lima naskah itu antara lain:“Delusi”, “Gila”, “Tanah Tembuni”, “Dingklik Simbok”, dan “Bapak Pulanglah”. Selainitu, peneliti juga menemukan bahwa naskah-naskah tersebut dibuat berdasarkan isutentang kehidupan sosial yang dekat dengan kehidupan pengarang.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JTAM

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Arah riset yang dilakukan antara lain menyentuh ranah kebahasaan, kesastraan, keterampilan berbahasa, serta bahasa dan sastra Indonesia secara umum. ...