Authentic Research of Global Fisheries Application Journal (Aurelia Journal)
Vol 4, No 1 (2022): April

KOMPOSISI HASIL TANGKAPAN KAPAL GILLNET DI PANGKALAN PENDARATAN IKAN KARANGSONG KABUPATEN INDRAMAYU (STUDI KASUS: KM ANDORA B)

Beta Indi Sulistyowati (Politeknik Kelautan dan Perikanan Karawang)
Ully Wullandari (Politeknik Kelautan dan Perikanan Karawang)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

Salah satu alat penangkapan ikan yang memiliki prospek baik untuk dikembangkan di Indonesia pada saat ini adalah gill net. Alat ini memiliki produktifitas dan efektifitas yang relatif lebih tinggi dibandingkan dengan berbagai alat penangkapan ikan lainnya karena dalam pengoperasianya dapat menangkap ik an dalam jumlah yang besar (Baithur, 2015). Jenis ikan yang tertangkap dengan Gill net adalah ikan-ikan dasar dan ikan demersal seperti layang, cakalang, kembung dan lain-lain. Selain ikan dasar dan ikan demersal tujuan penangkapan Gill net. Tidak hanya ikan saja udang, lobster, kepiting, juga terjerat oleh Gill net. Tujuan dilaksanakannya penelitian  ini  adalah untuk mengetahui komposisi dan jenis ikan hasil tangkapan Gill net baik yang target, bycatch/sampingan, dan discard/dibuang. Dalam sekali trip kapal gillnet beroperasi selama 30 hari, setting dilakukan sebanyak 1 kali dalam sehari dalam waktu 1 – 2 jam, kemudian dilanjutkan immarsingmenunggu jaring di naikan ke atas kapal, dan dilanjutkan dengan hauling selama 9 jam.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

aureliajournal

Publisher

Subject

Description

Aurelia menerbitkan beberapa artikel dari hasil penelitian asli dan inovatif untuk memberikan pengetahuan dan penelitian terbaru kepada para pembaca tentang ilmu dan teknologi perikanan dan kelautan serta pengembangan pengelolaannya. Scope: Teknologi Perikanan Laut, Agribisnis Perikanan, Manajemen ...