Abstrak : Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) dilakukan dengan tujuan melihat peningkatan kemampuan guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran melalui strategi pembinaan CLCK (Contoh, Latihan, Control, Kerja Mandiri) di SD Negeri 040445 Kabanjahe tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari 2021 sampai dengan April 2021. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 040445 Kabanjahe. Digunakan subjek dalam penelitian sebanyak sembilan guru di SD Negeri 040445 Kabanjahe. Data diperoleh melalui format penilaian RPP dan format penilaian aktivitas guru yang dianalisis secara deskriftif. Hasil penelitian memberikan data dengan kesimpulan; 1) strategi pembinaan CLCK (Contoh, Latihan, Control, Kerja Mandiri) dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun RPP. Hal itu dapat dibuktikan dari hasil penilaian kompetensi guru dalam menyusun RPP dari Siklus I ke Siklus II; 2) strategi pembinaan CLCK (Contoh, Latihan, Control, Kerja Mandiri) dapat meningkatkan aktivitas guru dalam penyusunan RPP. Hal itu dapat dibuktikan dari hasil penilaian aktivitas guru dalam menyusun RPP dari Siklus I ke Siklus II.Kata Kunci : Kemampuan Guru Menyusun RPP, strategi pembinaan CLCK (Contoh, Latihan, Control, Kerja Mandiri).
Copyrights © 2021