Journal of Contemporary Islamic Education
Vol. 2 No. 1 (2022): Journal of Contemporary Islamic Education

The Role of Islamic Religious Education Subject Teachers in Instilling Students'

Muhammad Tholibin (STAI Muhammadiyah Probolinggo)
Devy Habibi Muhammad (Unknown)
Ari Susandi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2022

Abstract

Riset ini membahas adalah Peran Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Menanamkan Nilai-Nilai Religius Siswa di SD IT Permata Kota Probolinggo. Hal ini difokuskan kepada 1. Apa Peran Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Menanamkan Nilai-Nilai Religius Siswa, 2. Bagaimana Gambaran nilai-nilai religius siswa, 3. Faktor pendukung dan kendala yang mempengaruhi terbentuknya Nilai-Nilai Religius Siswa. Temuan penelitian menunjukkan bahwa Nilai-nilai religious siswa sudah ada tertanam dengan baik dalam diri siswa, Peran guru Pendidikan Agama Islam bersama dengan guru lain seperti menginformasikan, memberikan saran, motivasi, dan arahan. Guru PAI juga berkoordinasi atau bekerjasama dengan keluarga siswa, dan semua anggota sekolah. Guru PAI menumbuhkan nilai-nilai religious siswa dengan melatih salat dhuha, sholat dhuhur dan sholat ashar berjamaah, membaca dzikir pagi dan sore, melatih peserta didik bertanggung jawab, disiplin waktu baik belajar didalam kelas maupun belajar di luar kelas dan memberi sanksi. Metodologi riset yang dipakai merupakan kualitatif deskriptif. Hal yang mendukung nilai-nilai religious siswa tumbuh di SD IT Permata adalah kerjasama dari semua guru, kantin sekolah, ekstrakurikuler, media informasi tentang nilai-nilai religius, serta aturan ketat dari lembaga sekolah. Sementara kendalanya adalah keterbatasan dalam memantau siswa di luar sekolah, latar belakang yang berbeda dari peserta didik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

cie

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

This journal publishes academic manuscripts of Islamic Education Studies in both Indonesian and international contexts with a multidisciplinary perspective that involves character education, Islamic education policy, Islamic educational philosophy, Islamic education management, Islamic education ...