Bada'a: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 4 No. 2 (2022)

Pengembangan Pengembangan buku ajar bahasa Indonesia berbasis literasi digital pada kelas V SDN 2 Tebaban

Hopipatussolihah Hopipatussolihah (Universitas Hamzanwadi)
Donna Boedi Maritasari (Universitas Hamzanwadi)
Arif Rahman Hakim (Universitas Hamzanwadi)
M. Syahruddin Amin (Universitas Hamzanwadi)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar Bahasa Indonesia berbasis literasi digital dengan menggunakan desain penelitian pengembangan (Resech and Development) ADDIE yang terdiri dari 5 langkah, yaitu (1) Analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, (5) Evaluation. Hasil uji validasi ahli tampilan dengan jumlah skor 41dengan rata-rata skor 4,1 berada pada rentang skor 33,97 - 41,88 kategori “Baik”. Hasil uji validasi ahli materi dengan jumlah skor 79 dengan rata-rata skor 4,152 berada pada rentang skor 64,57 - 79,68 kategori “Baik”, sedangkan untuk ahli bahasa memiliki jumlah skor 47 dengan rata-rata skor 4,2, berada pada rentang skor 46,15 - 55,00 kategori “Sangat Baik”. Untuk hasil angket respon siswa didapatkan jumlah skor 952 dengan rata-rata skor 86,82 berada pada rentang skor 46,15 - 55,00 kategori “ Sangat Baik”. Sehingga dapat disimpulkan, buku ajar Bahasa Indonesia berbasis literasi digital layak digunakan sebagai bahan ajar penunjang kegiatan belajar di sekolah maupun di rumah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar Bahasa Indonesia berbasis literasi digital dengan menggunakan desain penelitian pengembangan (Resech and Development) ADDIE yang terdiri dari 5 langkah, yaitu (1) Analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, (5) Evaluation. Hasil uji validasi ahli tampilan dengan jumlah skor 41dengan rata-rata skor 4,1 berada pada rentang skor 33,97 - 41,88 kategori “Baik”. Hasil uji validasi ahli materi dengan jumlah skor 79 dengan rata-rata skor 4,152 berada pada rentang skor 64,57 - 79,68 kategori “Baik”, sedangkan untuk ahli bahasa memiliki jumlah skor 47 dengan rata-rata skor 4,2, berada pada rentang skor 46,15 - 55,00 kategori “Sangat Baik”. Untuk hasil angket respon siswa didapatkan jumlah skor 952 dengan rata-rata skor 86,82 berada pada rentang skor 46,15 - 55,00 kategori “ Sangat Baik”. Sehingga dapat disimpulkan, buku ajar Bahasa Indonesia berbasis literasi digital layak digunakan sebagai bahan ajar penunjang kegiatan belajar di sekolah maupun di rumah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

badaa

Publisher

Subject

Education Other

Description

Badaa: Jurnal Pendidikan Dasar terbit sebagai sarana publikasi hasil pemikiran kritis dan ilmiah bagi semua kalangan dalam lingkup pendidikan dasar yang berisi gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori, tulisan praktis serta hasil penelitian pendidikan dan pengajaran sekolah dasar. ...