Equals : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Vol 5 No 2 (2022): Equals: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika

Efektivitas Model Pembelajaran Berpikir Induktif Mahasiswa Melalui Bantuan Media Google Classroom dalam Pembelajaran Matematika Ekonomi

Nely Salu Padang (STIE Jambatan Bulan)
Mulyati Mulyati (STKIP YPUP Makassar)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2022

Abstract

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Jambatan Bulan merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang telah menggunakan google classroom sebagai media pembelajaran di masa pandemi covid-19. Untuk mengaktifkan siswa dalam kegiatan pembelajaran pada mata kuliah matematika ekonomi, diperlukan suatu metode tertentu agar pembelajaran lebih hidup, salah satunya adalah model pembelajaran berpikir induktif. Dalam kegiatan induktif ini di bawah bimbingan dan arahan dosen melalui google classroom, mahasiswa aktif belajar matematika secara individu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang digunakan untuk mendeskripsikan keefektifan pembelajaran berpikir induktif berbantuan Google Classroom pada Program Studi Ekonomi Pembangunan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Jambatan Bulan ditinjau dari 3 aspek yaitu aktivitas siswa, hasil belajar siswa, dan tanggapan siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah One Shot Case Study. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas siswa, lembar tes hasil belajar, dan lembar angket respons siswa. Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa (1) aktivitas siswa selama pembelajaran berpikir induktif berbantuan google classroom aktif ditunjukkan oleh 85,15% siswa melakukan aktivitas seperti yang diinginkan peneliti; (2) ketuntasan belajar siswa secara klasikal ditunjukkan oleh 86,96% siswa memenuhi standar; dan (3) respons siswa yang positif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berpikir induktif berbantuan Google Classroom dalam pembelajaran matematika ekonomi dikatakan efektif.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

equals

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Mathematics

Description

Jurnal Equals: Jurnal ilmiah Pendidikan Matematika, memuat artikel berupa hasil pemikiran, studi pustaka atau penelitian yang berkaitan dengan perkembangan bidang ilmu pendidikan matematika dan belum pernah diterbitkan dalam jurnal lain. ...