Tujuan pengabdian ini untuk meningkatkan nilai penjualan produk Usaha Kecil Menengah (UKM). Di Kecamatan Baki Sukoharjo, salah satu UKM yang menjadi sasaran pengabdian dengan produk ungggulan yaitu UKM Wahyu keripik belut. Permasalahan yang dihadapi mitra yaitu pasokan bahan baku, pengembangan produk, persaingan dengan UKM lain. Pelaksanaan pengabdan dilakukan dengan cara memberikan penyuluhan pemasaran tentang pengembangan produk. Munculnya persaingan antar UKM, menimbulkan dampak positif bagi pelaku UKM Wahyu untuk malakukan inovasi pada produk keripik belut. Selama ini keripik belut yang dipasarkan memiliki rasa original dan tekstur sedikit keras. Oleh karena dengan adanya penyuluhan ini, UKM Wahyu mencoba menginovasi produk keripik belut dengan cara memberikan rasa pedas pada keripik belut dan mengolah belut agar memiliki tekstur yang lebih empuk, akan tetapi hasilnya belum dipasarkan, hal ini dikarenakan minat konsumen masih pada produk yang original. Hasil dari pengebadian ini adalah meningkatkan gairah pelaku UKM Wahyu untukĀ terus berinovasi produk keripik belut serta meningkatkan nilai penjulan produk
Copyrights © 2022