Jurnal IKA PGSD : Ikatan Alumni PGSD UNARS
Vol 10 No 2 (2021): Edisi Desember

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) BERBASIS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

ahmad hafas rasyidi (STKIP PGRI Situbondo)
Agusti Agusti (STKIP PGRI Situbondo)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2022

Abstract

Seorang peserta didik akan lebih meningkat aktivitasnya dalam belajar apabila ia mengetahui tujuan dari kegiatan belajarnya. Berbeda dengan peserta didik yang tidak memahami tujuan yang akan di dapat dalam mempelajari suatu pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian di semester 2-A program studi pendidikan ekonomi, diperoleh hasil tes yang dilaksanakan pada pertemuan pertama terdapat 4 peserta didik yang tidak tuntas dan 15 peserta didik tuntas dalam belajar dengan persentase ketuntasan belajar klasikal 78,95% sedangkan suatu kelas dikatakan telah tuntas dalam belajar apabila dikelas tersebut telah terdapat minimal 85% yang telah mencapai nilai test ≥ 65 dari nilai test maksimal 100. Dari analisis hasil tes dan kriteria ketuntasan hasil belajar di atas ada 17 peserta didik telah mencapai ketuntasan secara perorangan dan 2 orang tidak tuntas sehingga diperoleh ketuntasan klasikal sebesar 89,4%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pgsdunars

Publisher

Subject

Education Other

Description

IKA PGSD adalah Jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Abdurachman Saleh Situbondo. Pertama kali dibentuk pada tahun 2012, dan saat ini terbit 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Juni dan Desember. Jurnal IKA PGSD berisikan hasil penelitian dan kajian ...