Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Communique
Vol 5 No 1 (2022): Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Communique

PSIKOEDUKASI PENCEGAHAN PERILAKU MEROKOK

Raras Sutatminingsih (Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara)
Iskandar Zulkarnain (Universitas Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
24 Sep 2022

Abstract

Kegiatan psikoedukasi pencegahan perilaku merokok ini bertujuan agar warga sekolah, khususnya siswa-siswa dan guru-guru tidak lagi merokok dan mencegah siswa-siswa dan guru-guru yang lain untuk merokok. Hal ini dilataberlakangi oleh perilaku merokok yang masih didapati dilakukan oleh anak-anak, remaja, orang dewasa dan orang tua. Bahkan perilaku itu masih dijumpai di lingkungan sekolah, walaupun dilakukan secara sembunyi- sembunyi. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka sangat perlu dilakukan upaya pencegahan dan penyelesaian bagi warga sekolah agar siswa-siswa dan guru-guru tidak lagi merokok dan mencegah siswa-siswa dan guru-guru yang lain untuk merokok. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah melakukan kegiatan Psikoedukasi Pencegahan Perilaku Merokok, menayangkan video pencegahan perilaku merokok, Pelatihan Komunikasi Asertif Pencegahan Perilaku Merokok poster dan banner pencegahan perilaku merokok. Kegiatan ini dilaksanakan di SMA Perguruan Al-Azhar Medan. Hasil yang diperoleh dari kegiatan pengabdian Psikoedukasi Pencegahan Perilaku Merokok ini adalah bahwa Psikoedukasi pencegahan perilaku merokok ini dapat meningkatkan pemahaman siswa SMA Al Azhar Medan tentang kandungan rokok, dampak fisik, dampak psikologis, dan penyebab seseorang berperilaku merokok. Oleh karena itu, kegiatan ini dimungkinkan akan dapat mencegah perilaku merokok pada mereka.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIKQ

Publisher

Subject

Arts Humanities Computer Science & IT Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Communique ini memuat artikel ilmiah yang berasal dari hasil penenelitian dan kajian komunikasi. Kajian ini berasal dari berbagai macam cakupan yakni kajian media , jurnalisme, humas, komunikasi organisasi, komunikasi pemasaran, dan kajian yang relevan dengan ilmu komunikasi. Jurnal ini ...