Formosa Journal of Applied Sciences (FJAS)
Vol. 1 No. 3 (2022): August 2022

Proses Berpikir Kritis-Kreatif dalam Teks Eksplanasi Mahasiswa

Jumadi (Universitas Puangrimaggalatung)
Andi Ebe (Universitas Puangrimaggalatung)
Nurcaya (Universitas Puangrimaggalatung)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran faktual mengenai proses berpikir kritis-kreatif dalam teks eksplanasi berdasarkan aspek interpretasi pada mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah teks eksplanasi karya mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Puangrimaggalatung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis mahasiswa sudah memadai, hal ini dilihat dari kemampuan mahasiswa menginpresentasi dalam teks eksplanasi saat mengidentifikasi makna. Sementara kemampuan berpikir kreatif juga sudah memadai terlihat dari hasil pada aspek elaborasi mahasiswa yang sudah mampu memaparkan permasalahan dengan rinci dan menuliskan banyak ide untuk pemecahan masalah. Diiharapkan bagi dosen menggunakan bahan ajar yang dapat mendorong mahasiswa berpikir kritis dan kreatif dan memberikan motivasi dalam mengembangkan kemampuan menulis khususnya menulis teks eksplanasi. Sementara itu, bagi mahasiswa disarankan bersikap terbuka dan peka terhadap lingkungan sekitar maupun informasi terbaru agar mampu mengaitkan informasi tersebut dengan tulisannya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

fjas

Publisher

Subject

Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Education Engineering Social Sciences

Description

Formosa Journal of Applied Sciences (FJAS) seeks to propose and disseminate the knowledge by publishing original research findings and novelties, review articles and short communications in the wide spectrum of applied sciences. Scope of the journal includes: Biology, chemistry, physics, ...