Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis siswa dalam pemecahan masalah matematika dengan menggunakan model pembelajaran problem solving.Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Hiliserangkai dengan subek penelitian yaitu kelas X OTKP-2. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan kerangka penelitian deskripif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes penalaran matematis berbentuk esei tes dan lembar observasi pelaksanaan pembelajaran dengan mengunakan model pembelajaran problem solving. Data penelitian yang diperleh diolah dengan cara mendeskripsikan hasil tes kemampuan penalaran matematis yang didapat dari setiap lembar jawaban siswa. Hasil penelitian yang diperoleh: kemampuan penalaran matematis siswa dalam pemecahan masalah matematika dengan menggunakan model pembelajaran problem solving yaitu kategori sangat baik sebesar 56,7%, Kategori baik sebesar 30%, dan kategori cukup sebesar 13,3%. Secara keseluruhan kemampuan penelaran matematis siswa lebih banyak mencapai kategori sangat baik, dengan capaian keseluruhan persentase kemampuan penalaran matematis siswa 80,5% berada pada kategori sangat baik.
Copyrights © 2022