Formosa Journal of Applied Sciences (FJAS)
Vol. 1 No. 5 (2022): October 2022

Analisis Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika dengan Model Pembelajaran Problem Solving di SMP

Wendiun Wendi Putra Hulu (Universitas Nias)
Amin Otoni Harefa (Universitas Nias)
Agnes Renostini Harefa (Universitas Nias)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini: (1). Mendeskripsikan proses pembelajaran matematika dengan menggunakan model Problem Solving, (2). Untuk mengetahui Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Dengan menggunakan model pembelajaran Problem Solving, (3). Mendeskripsikan ketuntasan belajar melalui hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model Problem Solving pada mata pelajaran matematika SMP Negeri 5 Gunungsitoli Tahun Pelajaran 2020/2021. Teknik analisis data menggunakan lembar observasi dengan menggunakan model pembelajaran problem solving, dan tes hasil belajar. Metode penelitian yaitu Kuantitatif Deskriptif, denngan desain penelitian 0ne shot case study. Proses pembelajaran Hasil penelitian diperoleh (1)  rata-rata hasil pengamatan lembar observasi guru dengan menggunakan model pembelajaran problem solving diperoleh untuk pertemuan pertama 3,125, pertemuan ke dua diperoleh 3,375, pertemuan  ke tiga diperoleh 3,5, dan pertemuan ke empat diperoleh 3,5. (2) Rata-rata hasil belajar  matematika siswa menggunakan model pembelajaran problem solving diperoleh 76 kategori baik,. (3) ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 91%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

fjas

Publisher

Subject

Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Education Engineering Social Sciences

Description

Formosa Journal of Applied Sciences (FJAS) seeks to propose and disseminate the knowledge by publishing original research findings and novelties, review articles and short communications in the wide spectrum of applied sciences. Scope of the journal includes: Biology, chemistry, physics, ...