Range : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 4 No 1 (2022): RANGE Juli 2022

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Project Based Learning Pada Materi Lingkaran

Nopa Deo Pani (Universitas Islam Riau)
Agus Dahlia (Universitas Islam Riau)
Sari Herlina (Universitas Islam Riau)
Leo Adhar Effendi (Universitas Islam Riau)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran matematika yang berupa Lembar Kerja Peserta Didik yang berbasis Project Based Learning pada materi lingkaran untuk SMP kelas VIII yang kevalidannya telah teruji. Metode pengembangan yang digunakan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran dalam penelitian ini adalah metode pengembangan atau R&D engan menggunakan model pengembangannya adalah model ADDIE, yakni meliputi; 1) Analysis (Analisis), 2) Design (Desain), 3) Development (Pengembangan), 4) Implementation (Implementasi) dan 5) Evaluation (Evaluasi). Tetapi dikarenakan situasi pandemi covid-19 model pengembangan ADDIE yang dilakukan hanya tiga tahap saja yaitu ; 1) Analysis (Analisis), 2) Design (Desain), dan 3) Development (Pengembangan). Penelitian ini menggunakan instrument yang berupa lembar validasi LKPD. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah data validasi dari 2 orang dosen Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau dan 1 orang guru matematika kelas VIII SMPN BINSUS DUMAI. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data validasi. Hasil penelitian menunjukkan LKPD dengan kategori sangat valid dengan rata-rata total 85,54%. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh lah LKPD berbasis Project Based Learning pada materi lingkaran di kelas VIII yang teruji kevalidannya. Sehingga perangkat pembelajaran yang dihasilkan dapat didiagnosa sebagai perangkat yang valid untuk digunakan di kelas.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Range: Jurnal Pendidikan Matematika publishes original research or theoretical papers about teaching and learning in mathematics education study program on current science issues, namely: (1) Mathematics educator in elementary, secondary and high school level, (2) Mathematics observers and ...