Bidik : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Vol. 3 No. 1 (2022): Bidik: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat

Apresiasi Sastra melalui Media Pop-Up untuk Pembentukan Karakter dan Literasi Budaya

Qori Islami Aris (Universitas Lancang Kuning)
Essy Syam (Universitas Lancang Kuning)
Mohd Fauzi (Universitas Lancang Kuning)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2022

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diberi judul “Apresiasi Sastra melalui Media Pop-Up untuk Pembentukan Karakter dan Literasi Budaya”. Kegiatan pengabdian ini memiliki tujuan sebagai berikut; 1) memberikan pelatihan dalam membuat Pop-Up sebagai sebuah media pembelajaran kreatif, 2) memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mengenali dan mengapresiasi karya sastra, 3) meningkatkan kreativitas peserta didik dalam mengapresiasi karya sastra, 4) memotivasi peserta didik untuk menghargai dan mengembangkan karya sastra, dan 5) membentuk karakter peserta didik melalui apresiasi sastra sesuai dengan nilai-nilai agama dan budaya. Target kegiatan pengabdian ini adalah peserta didik di SMA Negeri 4 Pekanbaru yang berjumlah 15 orang. Kegiatan ini dilakukan dengan metode ceramah dan praktik (latihan). Metode ceramah berupa pemaparan dan penjelasan materi berupa karya sastra, proses mengapresiasinya, dan media Pop-Up. Sedangkan metode yang digunakan berupa demonstrasi apresiasi sastra melalui media Pop-Up. Penyampaian materi dilakukan oleh dosen yang tergabung dalam tim pengusul kegiatan pengabdian ini. Kata kunci: Apresiasi Sastra, Media Pop-Up, Pembentukan Karakter, Literasi Budaya

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

bidik

Publisher

Subject

Arts Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences

Description

Tulisan yang dimuat pada "Bidik: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat" adalah hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM), yang mencakup bidang ilmu humaniora (bahasa, sastra, seni), ilmu perpustakaan, informasi, dokumentasi, dan ilmu sosial lainnya. Jurnal ini terbuka bagi para akademisi dan ...