Manajemen pengetahuan sebagai proses menciptakan, berbagi dan menggunakan serta mengelola pengetahuan dan informasi pada sebuah organisasi. Berbagi pengetahuan merupakan cara untuk memudahkan terbentuknya organisasi pembelajar. Penelitian mengenai praktik manajemen pengetahuan yang ada pada bisnis batik di Jawa Tengah berangkat dari masalah bahwa pembatik di Jawa Tengah terancam daya bertahannya dengan batik dari luar Jawa Tengah bahkan dengan batik dari manca negara. Ada indikasi kurang terurusnya pengetahuan membatik yang benar dan trampil yang mengakibatkan semakin menurunnya profesionalitas pembatik. Responden yang diambil pada penelitian ini sejumlah 60 pembatik yang ada di kota Solo, Salatiga, Pati, Pekalongan dan Semarang. Penelitian yang dilakukan termasuk tipe penelitian deskriptif dengan teknik pengambilan data wawancara dan focused group discussion dan dengan teknik analisa kualitatif. Hasil yang diperoleh adalah para pembatik memiliki rasa tanggungjawab pada upaya penciptaan dan berbagi pengetahuan, namun masih buruk dalam hal mengelola pengetahuan.
Copyrights © 2016