JURNAL CURERE
Vol 6, No 2 (2022): Jurnal Curere

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD DI KELAS V SD NEGERI 040570 TIGABINANGA KECAMATAN TIGABINANGA KABUPATEN KARO TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Mika Elisabet Br. Depari (Universitas Quality Berastagi)
Elisa Elisa (Universitas Quality)
Friscilla Sembiring (Universitas Quality Berastagi)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model Cooperative Learning Tipe STAD dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan Organisasi di Lingkungan Sekolah dan Masyarakat. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 040570 Tigabinanga Tahun Pelajaran 2018/2019. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 040570 Tigabinanga yang berjumnlah 30 orang siswa. Objek dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan model Cooperative Learning Tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKN pada pokok bahasan Organisasi di Lingkungan Sekolah dan Masyarakat di kelas V SD Negeri 040570 Tigabinanga.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan tes. Dari hasil Penelitian yang dilakukan bahwa, pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru pasa siklus I adalah 60% yang berkategori cukup, dan aktivitas siswa 68,88 yang berkategori cukup. Pada siklus II terjadi peningkatan pada aktivitas guru 79% dan aktivitas siswa 77,77 yang masing-masing berkategori baik. Kemudian hasil tes siklus I terdapat 19 orang siswa yang tuntas dengan persentase 63,33% dan 11 orang siswa yang tidak tuntas dengan persentase 36,66% dengan rata-rata 63,66. Pada siklus II terdapat 26 orang siswa yang tuntas dengan persentase 86,66% dan 4 orang siswa yang tidak tuntas dengan persentase 13,333% dengan rata-rata 79,66. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa, pelaksanaan pembelajaran PKN dengan menggunakan model Cooperative Learning Tipe STAD pada materi Organisasi di Lingkungan Sekolah dan Masyarakat di kelas V SD Negeri 040570 Tigabinanga Tahun Pelajaran 2018/2019 kategori baik dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

CURERE

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

This journal contains writings on the results of research in the field of Teacher Training either from Universitas Quality Lecturers and or from the others. The scopes of the research includes curriculum, teaching- learning, evaluation, quality education, management, and education ...