Paradigma: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora
Vol 8 No 2 (2022): PARADIGMA : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Humaniora

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 BANDA NEIRA PADA MATERI PERBANDINGAN TRIGONOMETRI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION)

SHAFRIATY KEPA (Universitas Banda Neira)



Article Info

Publish Date
06 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Banda Neira pada materi perbandingan trigonometri dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization). Fokus pembicaraan adalah aktivitas guru dan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe TAI dan hasil belajar siswa pada akhir setiap siklus. penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus dilakukan empat tahap (perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi). Pada pengamatan akan dilihat aktivitas guru dan aktivitas siswa dalam diskusi kelompok, selanjutnya dilakukan refleksi untuk memperbaiki kegiatan pada siklus berikutnya. Hasil penelitian pada tes siklus I diperoleh 14 siswa yang telah mencapai KKM ≥ 70 dengan presentase 58,33% dan siklus II terjadi peningkatan, yaitu 19 siswa telah mencapai KKM ≥ 70 dengan presentase 79,17%. Simpulan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dalam mengajarkan materi perbandingan trigonometri, dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Banda Neira.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

paradigma

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal PARADIGMA mengedepankan telaah terpadu disiplin pendidikan, keguruan, dan ilmu-ilmu kemanusiaan secara luas. Publikasi tulisan dalam PARADIGMA ini dijalankan oleh para dosen dari tiga disiplin di STKIP Hatta-Sjahrir Banda Naira, yaitu Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Indonesia, dan ...