Journal of Holistic and Health Sciences (Jurnal Ilmu Holistik dan Kesehatan)
Vol 6 No 2 (2022): Journal of Holistic and Health Sciences (Jurnal Ilmu Holistik dan Kesehatan)

PEMBUATAN DAN UJI STABILITAS SEDIAAN PELEMBAP BIBIR (LIP BALM) DARI EKSTRAK DAUN BELIMBING WULUH (Averrhoa bilimbi) DENGAN PENAMBAHAN MINYAK ATSIRI ESENSIAL BIJI KOPI ARABIKA (Coffea arabica L.)

Ananda Amalia Bil Qisti (Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Holistik)
Agus Djamaludin (Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Holistik)
Dewi Ratnasari (Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Holistik)



Article Info

Publish Date
22 Sep 2022

Abstract

Bibir kering dan pecah-pecah dapat disebabkan karena kerusakan sel keratin yang terjadi akibat sinar matahari dan dehidrasi. Paparan sinar matahari menyebabkan pecahnya lapisan permukaan sel keratin. Antioksidan alami pada tumbuhan dapat dimanfaatkan sebagai penghambat kerusakan sel. Antioksidan merupakan senyawa yang dapat menghambat oksidasi, dengan mengikat radikal bebas dan molekul yang sangat reaktif sehingga dapat menghambat kerusakan sel. Salahsatu tanaman yang mengandung antioksidan adalah daun belimbing wuluh. Tujuan Penelitian: Membuat sediaan pelembap bibir (lip balm) dengan stabilitas terbaik yang mudah digunakan oleh masyarakat sebagai antioksidan. Metode: Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan (action research) dan menggunakan konsep Kurt Lewin yang terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting).  Penelitian ini dilakukan pada bulan Juli-Agustus 2021. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi berupa kuesioner dan melalui wawancara. Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ekstrak daun belimbing wuluh dapat dijadikan sebagai pelembap bibir (lip balm) dengan stabilitas yang baik. Sediaan dibuat menjadi 4 formula yang berbeda-beda, perbedaan terletak pada konsentrasi minyak atsiri esensial biji kopi arabika sebagai aroma pada lip balm ini yaitu F1 (0%), F2 (1,25%), F3 (2,5%) dan F4 (5%). Hasil uji kesukaan dengan nilai tertinggi terdapat pada formula 4. Simpulan: Sediaan pelembap bibir (lip balm) memiliki stabilitas yang baik dapat dilihat dari hasil uji organoleptik yang stabil, uji pH yang sesuai dengan pH bibir yaitu pada angka 5. Formula lip balm yang paling diminati yaitu formula 4.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jhhs

Publisher

Subject

Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing Public Health

Description

Journal of Holistic and Health Sciences (JHHS) menerima naskah hasil penelitian di bidang gizi dan farmasi, khususnya di bidang gizi dan farmasi holistik. Scope JHHS yaitu: 1. Produksi Farmasi meliputi pemuatan sediaan farmasi, Skrinning fitokimia, Uji khasiat sediaan obat, 2. Pelayanan Farmasi ...