MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika
Vol 7 No 2 (2022): MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika

Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Dalam Mengerjakan Soal Perbandingan Berdasarkan Prosedur Newman

Maria Oriyanti Bui (Universitas Timor)
Kondradus Yohanes Klau (Universitas Timor)
Hendrika Bete (Universitas Timor)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan letak kesalahan siswa dalam mengerjakan soal pada materi Perbandingan. Jenis penelitian adalah kualitatif deskriptif. Subyek penelitian yaitu 3 orang siswa kelas VII A SMP Negeri Barada yang paling banyak melakukan kesalahan. Teknik pengumpulan data yaitu tes tertulis dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh jenis kesalahan yang dilakukan siswa yaitu (1) kesalahan membaca, (2) kesalahan memahami masalah, (3) kesalahan transformasi, (4) kesalahan keterampilan proses, (5) kesalahan penulisan jawaban akhir. Letak kesalahan yang dilakukan siswa tersebut yaitu (1) siswa salah dalam membaca simbol-simbol matematika yang terdapat pada soal dengan benar dan tepat. (2) siswa tidak dapat menentukan apa yang diketahui dan ditanyakan pada soal. (3) siswa tidak mampu mentransformasikan soal ke dalam bentuk model matematika (4) saat proses perhitungan siswa tidak dapat menentukan rumus yang akan digunakan, tidak menyelesaikan langkah-langkah penyelesaian dengan tepat. (5) siswa salah dalam menghitung jawaban akhir dan salah dalam menuliskan jawaban akhir.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

MATH-EDU: Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika menerbitkan hasil penelitian yang original, dan atau naskah kajian teoritis dalam bidang matematika dan pendidikan matematika, tentang masalah terkini, yang dilakukan oleh: (1) Pengajar di tingkat Sekolah Dasar dan Menengah, serta Perguruan Tinggi, (2) ...