Journal Ashil: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol. 2 No. 2 (2022): Journal Ashil: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus melalui Kegiatan Finger Painting Menggunakan Pasta Ajaib Pelangi

Wuni Arum Sekar Sari (Institut Agama Islam Tribakti Kediri)
Novida Aprilina Nisa Fitri (Institut Agama Islam Tribakti Kediri)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan finger painting menggunakan pasta ajaib pelangi di kelompok B Taman Kanak-kanak Dharma Wanita 1 Babadan Ngancar Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2021/2022. Kegiatan finger painting menggunakan pasta ajaib pelangi ini dapat menarik minat anak guna meningkatkan kemampuan motorik halus anak. Upaya meningkatkan kemampuan motorik halus pada kegiatan finger painting ini menekankan pada penyelarasan antara mata dengan otot tangan anak serta kelenturan jari jemari anak. Sebagai subjek dalam penelitian ini yaitu anak kelompok B TK Dharma Wanita 1 Babadan dengan jumlah 15 anak, terdiri dari 5 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Peneliti telah mengadakan perbaikan pembeljaran yang dilaksanakan selama 5 hari pada siklus I dan dilanjutkan dengan 5 hari pada siklus II mengingat kemampuan motorik halus anak belum mencapai tingkat ketuntasan yang ditargetkan. Bersumber pada analisis data maka kami simpulkan bahwa aktivitas finger painting dengan menggunakan pasta ajaib pelangi bisa tingkatkan kemampuan motorik halus pada anak kelompok B TK Dharma Wanita I Babadan Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2021/ 2022. Abstract This study aims to improve children's fine motor skills through finger painting activities using rainbow magic paste in group B of Dharma Wanita Kindergarten 1 Babadan Ngancar, Kediri Regency, Academic Year 2021/2022. Finger painting activities using rainbow magic paste can attract children's interest in order to improve children's fine motor skills. Efforts to improve fine motor skills in this finger painting activity emphasize the coordination of hand muscles and the flexibility of children's fingers. As subjects in this study, group B of Dharma Wanita 1 Babadan Kindergarten consisted of 15 children, consisting of 5 boys and 10 girls. Researchers have carried out learning improvements which are carried out for 5 days in cycle I and continued with 5 days in cycle II considering that children's fine motor abilities have not reached the targeted level of completeness. Based on data analysis, we conclude that finger painting activities using rainbow magic paste can improve fine motor skills in group B children of Dharma Wanita I Babadan Kindergarten, Ngancar District, Kediri Regency, Academic Year 2021/2022.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

piaud

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Physics Other

Description

Journal Ashil: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini receiving research results in various fields related to Early Childhood Education including Cognitive Development, Development of Moral and Religious Values, Social-Emotional Development, Physical Motor Development, Language Development, Arts and ...