Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)
Vol. 3 No. 3 (2022): MSEJ : Management Studies and Entrepreneurship Journal

Analisis Perbandingan Pendapatan Usaha Mikro Sebelum Dan Sesudah Menerima Bantuan Kredit Dari PNM Mekaar (Studi Kasus Usaha Kecil Menengah Di Lingkungan Selagalas Kec. Sandubaya Kota Mataram Tahun 2017-2018)

Baiq Dewi Lita Andiana (Universitas Islam Al-Azhar)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis data yang berkaitan dengan pemberian bantuan kredit dari PNM Mekaar dilingkungan Selagalas Kecamatan Sandubaya Kota Mataram. Bentuk desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik inferensif. Penelitian ini mengambil lokasi di Lingkungan Selagaas sesuai dengan lokasi PNM Mekaar. Objek dalam penelitian ini adalah mengenai pelaku usaha mikro khususnya Usaha Kecil Menengah yang mendapat bantuan kredit dari PNM Mekaar dari tahun 2017 – 2018. Keseluruhan uji statistik mempergunakan alat bantu komputer dengan program SPSS. Berdasarkan data, analisa dan pembahasan serta pembuktian hipotesis yang diajukan tentang analisa pendapatan pelaku usaha mikro penerima bantuan kredit pada program PNM Mekaar, terdapat perbedaan yang signifikan pada tingkat pendapatan pelaku usaha mikro penerima bantuan kredit sebelum dan sesudah mendapatkan bantuan kredit dengan peningkatan sebanyak 59.166. Program PNM Mekaar yang telah dilaksanakan dengan sasaran target mensejahterakan masyarakat dan pengentasan kemiskinan, mampu meningkatkan pendapatan rumah tangga dan berjalan cukup efektif di Lingkungan Selagalas Kecamatan Sandubaya Kota Mataram. Kata Kunci : Pendapatan, Bantuan Kredit, PNM Mekaar, Usaha Kecil Menengah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

msej

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) is published by Yayasan Pendidikan Riset dan Pengembangan Intelektual (YRPI) as an information and communication media for practitioners, researchers and academics who are interested in the field of management (Finance, Human Resource, ...