Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)
Vol. 3 No. 5 (2022): MSEJ : Management Studies and Entrepreneurship Journal

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Muzakki Membayar Zakat Di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Rokan Hilir

Sri Wahyuni Marwan (Universitas Islam Riau)
Putri Nuraini (Universitas Islam Riau)



Article Info

Publish Date
06 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi  muzakki untuk membayar zakat di.Badan.Amil.Zakat/Nasional/(BAZNAS) Kabupaten Rokan Hilir. Religiusitas dan kepercayaan merupakan suatu faktor untuk menimbulkan motivasi muzakki. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara religiusitas dan kepercayaan terhadap motivasi muzakki membayar zakat di Badan Amil Zakat Nsional Kabupaten Rokan Hilir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami apakah terdapat pengaruh yang signifikan  antara relgiusitas dan kepercayaan terhadap motivasi muzakki membayar zakat di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Rokan Hilir. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kausalitas dengan metode kuantitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji validitas, uji reliabilitas dan uji hipotesis. Hipotesis adalah prosedur yang didasarkan pada bukti yang dipakai untuk menetukan apakah hipotesis merupakan pernyataan yang wajar dan oleh karenanya diterima atau hipotesis tersebut tidak wajar dan oleh karena itu ditolak. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh antara  faktor religiusitas dan kepercayaan terhadap motivasi muzakki membayar zakat di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Rokan Hilir. Berdasarkan uji koefisien determinasi (R2) diperoleh nilai sebesar 0,694 atau 69,4%. Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh variabel independen (religiusitas, kepercayaan) terhadap variabel dependen (motivasi muzakki) adalah sebesar 69,4%, sedangkan sisanya sebesar 30,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diikutsertakan dalam penelitian ini. Kata Kunci : Religiusitas, Kepercayaan, Motivasi Muzakki

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

msej

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) is published by Yayasan Pendidikan Riset dan Pengembangan Intelektual (YRPI) as an information and communication media for practitioners, researchers and academics who are interested in the field of management (Finance, Human Resource, ...