Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)
Vol. 3 No. 5 (2022): MSEJ : Management Studies and Entrepreneurship Journal

Pengaruh Sosial Media Marketing Terhadap Brand Awareness Pada Lembaga Kursus Dan Pelatihan Lingua Franca Edutama

Evi Husniati Sya'idah (Universitas Kadiri)
Tontowi Jauhari (Universitas Kadiri)



Article Info

Publish Date
03 Oct 2022

Abstract

Media sosial mempunyai fungsi yang melekat dengan definisinya yaitu sebuah platform media online yang memungkinkan para pengguna lain bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan konten yang bermanfaat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sosial media marketing terhadap brand awareness (kesadaran merek) pada Lembaga Kursus dan Pelatihan Lingua Franca Edutama. Penelitian ini merupakan penelitian  deskriptif kuantitatif dengan menggunakan  variabel independent yaitu Sosial Media Marketing dan variabel dependent yaitu brand awareness. Populasi yang digunakan adalah follower akun Instagram testoefl.id dan berusia 16 – 24 tahun sebanyak 2900 dengan mengambil sampel sebesar 289 responden. Teknik pengambilan sampel yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan teknik nonprobability sampling, yaitu sampling sukarela dengan menggunakan Nomogram Harry King .Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Untuk menganalisis hasil penelitian, digunakan teknik analisis deskriptif, uji validitas dan uji reliabilitas instrumen, dan uji analisis regresi linear serta uji F. Berdasarkan hasil uji F diperoleh nilai koefisien sebesar 95,483 dengan P-value sebesar 0,000. Hal ini  menunjukkan bahwa terdapat hubungan atau korelasi yang signifikan antara variable (X) sosial media marketing dengan brand awareness. Kata kunci : Sosial Media Marketing, Brand Awareness, Platform media online

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

msej

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) is published by Yayasan Pendidikan Riset dan Pengembangan Intelektual (YRPI) as an information and communication media for practitioners, researchers and academics who are interested in the field of management (Finance, Human Resource, ...