Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)
Vol. 3 No. 5 (2022): MSEJ : Management Studies and Entrepreneurship Journal

Pengaruh Arief Muhammad Sebagai Brand Ambassador di Instagram Terhadap Brand Loyalty Erigo Apparel Pada Program #KembaliKeErigo

Annisa Dwi Putri (Universitas Telkom)
Itca Istia Wahyuni (Universitas Telkom)



Article Info

Publish Date
02 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini difokuskan pada “Pengaruh Arief Muhammad Sebagai Brand Ambassador di Instagram Terhadap Brand Loyalty Erigo Apparel Pada Program #KembaliKeErigo”. Teori yang digunakan penelitian ini yaitu teori dimensi variabel brand ambassador dari (Kertamukti, 2015) dan teori dimensi variabel brand loyalty dari (Aaker, 2007).  Tujuan dari penelitian ini untuk meneliti seberapa besar pengaruh Arief Muhammad sebagai brand ambassador di Instagram terhadap brand loyalty Erigo Apparel. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan data yang didapatkan melalui penyebaran kuesioner. Populasi dari penelitian ini yaitu followers dari akun Instagram @erigostore dan @ariefmuhammad yang telah menggunakan #KembaliKeErigo di postingan Instagramnya dan jumlah sampel sebanyak 367 responden.  Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, uji normalitas, analisis korelasi pearson, analisis regresi linear sederhana, uji hipotesis, dan uji koefisien determinasi dengan menggunakan Software SPSS 25.  Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan uji hipotesis secara parsial (uji-t) dan hasil koefisien determinasi. Hasil uji-t yaitu menerima H1 yang terbukti efektif, terdapat hubungan antara Variabel X terhadap Variabel Y yaitu Pengaruh Brand Ambassador di Instagram Terhadap Brand Loyalty Erigo Apparel. Hasil koefisien determinasi menunjukkan Arief Muhammad sebagai brand ambassador memiliki pengaruh positif sebesar 58,37% terhadap brand loyalty Erigo Apparel pada program #KembaliKeErigo sisanya 41,63% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak diteliti. Kata Kunci: Pengaruh, Brand Ambassador, Brand Loyalty, Erigo Apparel, Instagram

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

msej

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) is published by Yayasan Pendidikan Riset dan Pengembangan Intelektual (YRPI) as an information and communication media for practitioners, researchers and academics who are interested in the field of management (Finance, Human Resource, ...