Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)
Vol. 3 No. 6 (2022): MSEJ : Management Studies and Entrepreneurship Journal

Strategi Komunikasi Pemasaran Efektif Grand Tryas Hotel Cirebon Pada Program Staycation

Mishal Farid Abdulah (Universitas Telkom)
Itca Istia Wahyuni (Universitas Telkom)



Article Info

Publish Date
09 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini memfokuskan pada bagaimana strategi komunikasi pemasaran efektif yang dilakukan oleh Grand Tryas Hotel pada program branding kegiatan staycation. Pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia mengharuskan seluruh masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan dan tetap berwaspada dalam melakukan berbagai hal. Masyarakat memilih kegiatan staycation sebagai alternatif dalam mengisi waktu liburannya. Hal ini dikarenakan masyarakat merasa lebih aman dan dapat meminimalisir terjadinya penyebaran virus Covid-19. Informan pada penelitian ini sebanyak tiga orang antara lain Executive Assistant Manager Grand Tryas Hotel, Marketing Manager Grand Tryas Hotel, dan Branding Consultant. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan paradigma interpretif. Teknik keabsahan data menggunakan metode triangulasi. Teori yang digunakan antara lain teori komunikasi, komunikasi pemasaran, brand, branding, strategi, dan strategi komunikasi pemasaran efektif. Pada tahap perencanaan strategi, Grand Tryas Hotel mengenali khalayak untuk mengetahui kebutuhan khalayak terkait kegiatan staycation. Sehingga, mereka dapat memenuhi kebutuhan dan mempengaruhi khalayak untuk melakukan kegiatan staycation di Grand Tryas Hotel. Di tahap implementasi, Grand Tryas Hotel menggunakan strategi pesan dan strategi media untuk dapat mencapai target sesuai dengan yang ditetapkan pada program branding kegiatan staycation. Pada tahap evaluasi strategi, Grand Tryas Hotel menggunakan feedback, pesan permintaan, dan penawaran, serta melakukan tindakan koreksi dengan memperbaiki kesalahan yang dilakukan. Selain itu, mereka memaksimalkan potensi dan peluang yang ada untuk strategi baru. Kata Kunci :Grand Tryas Hotel, Strategi, Komunikasi Pemasaran Efektif, Staycation

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

msej

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) is published by Yayasan Pendidikan Riset dan Pengembangan Intelektual (YRPI) as an information and communication media for practitioners, researchers and academics who are interested in the field of management (Finance, Human Resource, ...