Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 11, No 6 (2022)

KEMAMPUAN DECODING ENCODING PESERTA DIDIK DALAM HASIL KARYA SENI MENGGUNAKAN MEDIA PHOTO STORY

Nurul Hidayah (UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA)
Sri Nurlina (Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung Jawa Barat, Indonesia)
Prihantini Prihantini (Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung Jawa Barat, Indonesia)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan bahwa pada saat pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya yang berkaitan dengan kegiatan menggambar menjadi tugas yang diberikan oleh pendidik pada siswa, misalkan membuat sebuah karya gambar yang temanya sudah ditentukan, kemudian hasil karya tersebut hanya dikumpulkan saja tanpa ada tindak lanjut, hal tersebut menyebabkan rendahnya literasi visual siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kemampuan literasi visual siswa melalui berpikir visual (encoding) dan rekonstruksi makna (decoding) siswa dalam penangkapan objek photo story. Metode penelitian yang digunakan ialah metode analisis deskriptif dengan desain penelitian kualitatif. Objek pada penelitian ini merupakan siswa kelas tinggi SDN Sukasari. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar kuesioner terbuka berupa pertanyaan yang dirangkum dalam google form dan lembar indikator literasi visual. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang telah dilakukan, kemampuan literasi visual siswa melalui berpikir visual (encoding) dan rekonstruksi makna (decoding) siswa dalam penangkapan objek cerita bergambar (gambar) sudah terlihat dan hampir seluruh siswa yang sudah sesuai dengan indikator dari literasi visual. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPFKIP

Publisher

Subject

Education Other

Description

Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Primary: Journal of Elementary Teacher Education) is a peer-reviewed journal on education and teacher training. This journal encompasses original research articles and review ...