Jurnal Serunai Matematika
Vol 14, No 2 (2022): JURNAL SERUNAI MATEMATIKA (JSM)

PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS DARING POKOK BAHASAN PERSAMAAN KUADRAT TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN SISWA KELAS VIII MTSS NURUL IHSAN

Ice Wirevenska (STKIP Budidaya Binjai)
Lilis Saputri (STKIP Budidaya Binjai)
Mardiati Mardiati (STKIP Budidaya Binjai)
Chintya Karisma Putri (STKIP Budidaya Binjai)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran multimedia interaktif pada pembelajaran matematika berbasis daring pokok bahasan persamaan kuadrat terhadap kemampuan pemahaman siswa kelas VIII MTsS Nurul Ihsan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan deskritif kuantitatif. Desain yang digunakan adalah Pre-Ekxperimental Desaing tipe one group pretest-posttest (tes awal-tes akhir kelompok tunggal). one group pretest-posttest design adalah kegiatan penelitian yang memberikan tes awal (pretest) sebelum diberikan perlakuan dan setelah diberikan perlakuan barulah memberi tes akhir (posttest). Uji regresi yang dilakukan terhadap hasil pretest dan post-test pada siswa sebanyak 22 siswa. Dari pengujian menggunakan SPSS menujukkan adanya pengaruh yang signifikan antara sebelum dan sesudah diberikan model pembelajaran multimedia interaktif. Hal tersebut terlihat dari hasil output SPSS Versi 16.20 diperoleh nilai Fhitung sebesar 2,049 dan Ftabel 2,086. Dari perhitungan tersebut Fhitung < Ftabel maka ho diterima dan ha ditolak, yang berarti bahwa “. Hasil persamaan regresi linier sederhana adalah Y ˆ=24,972+0,331X.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jf

Publisher

Subject

Mathematics Other

Description

Jurnal Serunai Matematika adalah jurnal yang berisi karya ilmiah yang berhubungan dengan pendidikan ...