Jurnal Serunai Matematika
Vol 14, No 2 (2022): JURNAL SERUNAI MATEMATIKA (JSM)

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Puzzle Terhadap Hasil Belajar Aljabar Siswa Kelas VII SMP Swasta PAB 13 KW. Begumit

Ismi Sisdaila (STKIP Budidaya)
Silvia Harleni (STKIP Budidaya)
Lilis Saputri (STKIP Budidaya)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan puzzle terhadap hasil belajar aljabar siswa kelas VII SMP Swasta PAB 13 Kw. Begumit tahun pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan desain one group pretest postest design. Populasi dalam penelitian ini adalah 56 orang siswa kelas VII SMP Swasta PAB 13 Kw Begumit tahun pelajaran 2021/2021, sedangkan jumlah sampelnya yaitu kelas VII-1 dengan jumlah 28 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan puzzle terhadap hasil belajar aljabar siswa kelas VII SMP Swasta PAB 13 Kw. Begumit tahun pelajaran 2021/2022. Adapun pengaruh positif dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan puzzle terhadap hasil belajar aljabar siswa adalah proses pembelajaran menjadi lebih aktif, inovatif, kreatif, efektif, menyenangkan dan meningkatkan hasil belajar aljabar siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jf

Publisher

Subject

Mathematics Other

Description

Jurnal Serunai Matematika adalah jurnal yang berisi karya ilmiah yang berhubungan dengan pendidikan ...