JURNAL AKSIOMA AL-ASAS
Vol 1, No 2 (2020)

Proses Pembelajaran Aqidah Akhlak Hubungannya Dengan Perilaku Siswa

Didi Maksudi (STAI La Tansa Mashiro Rangkasbitung)
Asmani Asmani (STAI Wasilatul Falah Rangkasbitung)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2020

Abstract

Proses Pembelajaran Aqidah Akhlak merupakan salah satu upaya untuk membentuk siswa yang berperilaku baik. Seyogyanya dalam proses pembelajaran aqidah akhlak aspek penting yang diterapkan oleh guru sebagai standar kompetensi yaitu perilaku baik siswa dalam kesehariannya. Tercipta atau tidaknya perilaku siswa yang baik akan bergantung dan dipengaruhi oleh proses pembelajaran itu sendiri, jika proses pembelajaran tersebut baik maka hasilnya pun akan maksimal. di lokasi penelitian penulis, proses pembelajaran aqidah akhlak berjalan dengan baik bahkan siswanya pun kelihatan semangat dalam menerima materi pembelajarannya, tapi ternyata masih ada siswa yang cenderung berperilaku kurang terpuji, baik terhadap guru maupun teman sekelasnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana proses pembelajaran aqidah akhlak di MTs Rofi’atul fikri Sajira dan bagaimana perilaku siswanya, serta seberapa besar hubungan antara proses pembelajaran aqidah akhlak dengan perilaku siswa. Yang menjadi dasar asumsi penelitian ini adalah, bahwa jika proses pembelajaran aqidah akhlak dilaksanakan dengan sebenarnya, akan berdampak positif terhadap siswa, dalam kata lain semakin baik kualitas proses pembelajaran aqidah akhlak tersebut, maka semakin baik pula perilaku siswanya. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini ialah terdapat hubungan antara proses pembelajaran aqidah akhlak dengan perilaku siswa (Ha). Dan tidak terdapat hubungan antara proses pembelajaran aqidah akhlak dengan perilaku siswa (Ho). Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif karena masalah yang diteliti sedang terjadi. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan angket.  Adapun untuk menganalisis data yang diperoleh, digunakan analisis statistik korelasi setelah terlebih dahulu dilakukan analisis terhadap Kuantifikasi variabel proses pembelajaran aqidah akhlak dan variabel perilaku siswa. Hasil pengolahan data menujukan bahwa kualitas proses pembelajaran aqidah akhlak perilaku siswa sangat signifikan artinya terdapat hubungan yang kuat. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil koefisien korelasi sebesar 0,82. Angka ini berada pada rentang interval 0,70 – 90 yang berarti korelasi tinggi. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dapat diterima. Adapun derajat hubungan proses pembelajaran akhlak akhlak dengan perilaku siswa yaitu sebesar 43 %, berarti masih terdapat faktor lain sekitar 57 % lagi yang dapat mempengaruhi prilaku siswa.Kata Kunci : Akidah Akhlak, Perilaku Siswa

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JAA

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences

Description

Jurnal Aksioma Al-Asas dikelola Program Studi S1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) STAI La Tansa Mashiro dan diterbitkan oleh LPPM STAI La Tansa Mashiro. Sejak Volume 1 Nomor 1 Juni 2020, sebagai terbitan perdana, berkala dengan Frekuensi terbit yakni dua kali dalam setahun yaitu bulan Juni ...