SUBULANA
Vol. 5 No. 1 (2021): Subulana September 2021

Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Probing-Promting Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Fikih

Moh Ayyub Mustofa (STIT Miftahul Ulum Bangkalan)
Moh Romli (STIT Miftahul Ulum Bangkalan)



Article Info

Publish Date
18 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini hendak mengulas dan mendalami pengaruh penggunaan model pembelajaran probing promting terhadap hasil belajar pada mata pelajaran fiqih siswa ke VIII MTs Miftahul Ulum Al-Islamy. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Pre Experimental Design, karena belum merupakan eksperimen sesungguhnya. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah responden yakni guru bidang study Fiqih kelas VIII MTs Miftahul Ulum Al-Islamy Modung Bangkalan. Sumber data dari penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTs Miftahul Ulum Al-Islamy Modung Bangkalann berupa tes hasil belajar dan dokumentasi. instrumen dalam penelitian ini adalah pedoman tes, pedoman dokumen. teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model analisis statistik. Terakhir, data hasil penelitian diuji dengan uji normalitas dan uji hipotesis statistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Hasil belajar siswa kelas VIII MTs Miftahul Ulum Al-Islamy dengan model pembelajaran Probing-Promting dapat dikatakan baik. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata hasil belajar siswa pretest sebesar 61.05 lebih rendah dari pada nilai rata-rata hasil belajar siswa posttest sebesar 80. 05. Ada pengaruh penggunaan model pembelaran Probing-Promting terhadap hasil belajar pada mata pelajaran fikih siswa kelas VIII MTs. Miftahul Ulum Al-Islamy Modung Bangkalan. Hal ini terlihat pada   uji perbandingan rata-rata pada tahap akhir menggunakan uji t dengan bantuan aplikasi SPSS 22.0 yang di peroleh nilai thitung sebesar 14.501 dan dibandingkan dengan ttabel sebesar 1.734 dan 2.552 dengan derajat kebebasan df = 18 dan taraf signifikansi 5% dan 1%. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa karena nilai sig < 5%  maka dinyatakan Ho ditolak.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Subulana

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Subulana (Journal of Islamic education studies) print-ISSN: 2598-0254 online-ISSN: 2598-2842. This journal published by institute for research and community service (LP2M) STIT MIftahul Ulum Bangkalan. This journal is published twice a year every March and September. This journal contains conceptual ...