Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Indonesia (JPKMI)
Vol. 2 No. 3 (2022): Desember : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia (JPKMI)

STRATEGI PENINGKATAN PEMASARAN MELALUI DIGITAL MARKETING PADA UMKM BINANGKIT KABUPATEN BANDUNG

Rian Andriani (Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya)
Willma Fauzzia (Pasca Sarjana Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya)
Mira Veranita (Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya)
Chairil M Noor (Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya)
Kristian Ismail (Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya)
Willma Fauzzia (Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya)
Fanny Agustina Hidayat (Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya)
Najip Hendra S Parino (Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2022

Abstract

Keberadaan UMKM dapat menenciptakan lapangan kerja dan memberdayakan rumah tangga untuk mendapatkan pendapatan. UMKM memiliki peranan yang besar dalam pertumbuhan ekonomi, sebagai penyedia lapangan pekerjaan dan juga sebagai sumber pendapatan bagi masyarakat. Oleh karena itu perlu adanya pemberdayaan agar UMKM lebih berkembang dan mampu mendukung kestabilan perekonomian nasional. Di era teknologi sekarang ini, para pelaku UMKM hendaknya bisa memanfaatkan media digital sebagai salah satu upaya pemasaran produknya sehingga konsumen lebih mengenal produk yang dihasilkan oleh UMKM tersebut. UMKM yang memiliki akses online, terlibat di media sosial, dan mengembangkan kemampuan e-commerce-nya, biasanya akan menikmati keuntungan bisnis yang signifikan baik dari segi pendapatan, kesempatan kerja, inovasi, dan daya saing. UMKM Binangkit adalah kelompok usaha yang berada di Desa Jelegong kecamatan Kutawaringin Kabupaten Bandung, kelompok usaha ini terdiri dari 27 unit usaha. Unit usaha yang tergabung dalam UMKM Binangkit bergerak dalam produksi makanan ringan seperti sumpia, basreng, pisang aroma dan lain-lain. Selama ini pemasaran yang dilakukan hanya berupa menjualnya secara tradisional misalnya menjual lagsung kepada pembeli, menitipkannya di warung atau mengikuti pameran. Agar penjualan produk dari UMKM Binangkit ini meningkat, program studi Magister Manajemen Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan merumuskan strategi melalui pemanfaatan digital marketing. Kata kunci : UMKM, digital marketing, pemasaran

Copyrights © 2022