Realita : Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol 7, No 1 (2022): Volume 7 Nomor 1 Edisi April 2022

POLA ASUH AYAH TERHADAP PRILAKU PROSOSIAL ANAK

Asep Munajat (Pascasarjana Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Jawa Barat, Indonesia Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2022

Abstract

Keterlibatan ayah dalam pengasuhan masih rendah, disebabkan budaya yang berlaku dimasyarakat, yang berangapan bahwa ayah tugasnya mencai nafkah, sementara ibu bertugas mengurus anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola asuh ayah terhadap prilaku prososial anak. Metode yang digunakan literature review dari berbagai jurnal dan buku serta referensi lainya untuk mengetahui sejauhmana keterlibatan ayah dalam pengasuhan anak terhadap prilaku prososial.  Penulis menghimpun beberapa jurnal, buku dan peraturan perundang-undangan mengenai keterlibatan ayah dalam pola asuh, yang selanjutnya di buat kesimpulan. Hasil review menunjukan keterlibatan ayah dalam prilaku prososial anak dilihat dari kuantitas dan kualitas dalam pengasuhan. Intensitas pertemuan ayah dan anak bukan jaminan keberhasilan dalam membangun hubungan sosial akan tetapi sejauhmana kualitas pertemuan yang dibangun antara ayah dan anak dalam proses pengasuhan, kulaitas keterlibatan ayah yang baik dalam pengasuhan dapat meningkatkan prilaku prososial anak, bentuk prilaku prososial yang dimaksud diantaranya jujur, peduli, menolong, berbagi dan bekerjasama. Praktik pengasuhan anak didasarkan pada kebutuhan yang mencakup asah, asih dan asuh, keterlibatan ayah yang aktif dalam pengasuhan memberikan dampak positif pada berbagai aspek termasuk perkembangan sosial.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

realita

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Realita Jurnal Bimbingan dan Konseling (JRbk) Adalah Jurnal yang dikelola langsung oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Pendidikan Mandalika Sejak April 2016 dengan ISSN 2503-1708, yang dipublikasi secara Cetak dan melalui Website Fakultas ...