Asimtot : Jurnal Kependidikan Matematika
Vol 4 No 1 (2022): Asimtot: Jurnal Kependidikan Matematika | Juni 2022 - November 2022

ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI BANGUN DATAR

Feliksitas M. Muda (Universitas Katolik Widya Mandira)
Irmina V. Uskono (Universitas Katolik Widya Mandira)
Yohanes O. Jagom (Universitas Katolik Widya Mandira)
Meryani Lakapu (Universitas Katolik Widya Mandira)
Samuel I. Leton (Universitas Katolik Widya Mandira)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP kelas VIII dalam menyelesaikan soal bangun datar khususnya persegi panjang dan jajargenjang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan wawancara. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulan data berupa soal tes berpikir kreatif dan pedoman wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah dua siswa yang berkemampuan tinggi. Indikator berpikir kreatif yang digunakan meliputi kefasihan (fluency), fleksibilitas (flexibility) dan kebaruan (novelty). Hasil penelitian disimpulkan berdasarkan tingkat kemampuan berpikir kreatif (TBK). Hasil penelitian menunjukan subjek hanya dapat memenuhi kedua indikator (kefasihan, fleksibilitas), sehingga digolongkan berada pada TBK 3 (kreatif).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ASIMTOT

Publisher

Subject

Mathematics

Description

ASIMTOT : Jurnal Kependidikan Matematika diterbitkan oleh program studi pendidikan matematika UNWIRA. pISSN 2685-9009 (media cetak) eISSN 2685-9580 ASIMTOT : Jurnal Kependidikan Matematika bertujuan untuk mempublikasikan hasil penelitian-penelitian yang terkait dengan bidang pendidikan matematika ...